UYM Raih Nilai Terbaik Uji Kompetensi Ners Indonesia Tingkat Regional

Tangerang, Nusantaranews86.id – Tenaga perawat memiliki peran penting dalam pelayanan kesehatan, menjalani profesi ini tak bisa sembarangan, seperti harus mengikuti Uji Kompetensi Ners Indonesia (UKNI) terlebih dahulu. Profesi Ners Universitad Yatsi Madani mendapat penghargaan terbaik peringkat I wilayah Regional VI Periode 3 pada Rapat Tahunan Anggota (RTA) AIPNI ke 22 yang dikeluarkan AIPNI (Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia) dalam Uji Kompetensi Ners Indonesia (UKNI).

Kepala Program Studi Ners Program Profesi Ns. Cicirosnita J.Idu, S.Kep., M.Kep menilai, keberhasilan prodinya tidak luput dari kerjasama berbagai pihak. “Dimulai dari yayasan, pimpinan Universitas, pimpinan Fakultas, kemudian Prodi, dosen keperawatan maupun clinical instructure dari rumah sakit (RS) dan Lahan Praktik yang telah membimbing dan menyediakan tempat bagi mahasiswa untuk mengimplementasikan ilmunya selama praktik profesi Ners,” kata Ns. Cicirosnita J.Idu, S.Kep., M.Kep

Ia mengatakan, selain dukungan dari semua pihak, keberhasilan ini juga sudah dipersiapkan secara matang. Salah satunya melalui penyelenggaraan uji coba di Laboratorium Kampus Universitas Yatsi Madani yang dibimbing langsung oleh dosen Keperawatan dilanjutkan uji coba hingga tingkat nasional.

“Selain try out internal yang diselenggarakan oleh prodi, mahasiswa juga kita wajibkan mengikuti try out nasional yang diselenggarakan langsung oleh AIPNI,” ungkapnya.

Pada pelaksanaan praktik, Prodi Profesi Ners Universitas Yatsi Madani mengirim mahasiswa ke rumah sakit yang terakreditasi A, B, serta C. Melalui cara ini, kasus yang dipelajari oleh mahasiswa lebih bervariasi.

Sementara itu, soal-soal yang diujikan dalam UKNI berhubungan dengan kasus-kasus penyakit yang didapatkan selama pembelajaran di rumah sakit.

UKNI sendiri merupakan ujian kompetensi yang dilaksanakan oleh Panitia Uji Kompetensi Nasional yang bekerja sama dengan Organisasi Profesi Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) dan Asosiasi Institusi pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) untuk mendapatkan sertifikat kompetensi (serkom).

Rektor Universitas Yatsi Madani, Drs. Trison Jaya MM, M,Si, memberikan apresiasi dan selamat kepada Profesi Ners Universitas Yatsi Madani. “Selamat dan sukses untuk Prodi Profesi Ners. Ini merupakan bentuk eksistensi dan komitmen UYM dalam pelayanan dan mutu akademik,” kata Trison. (Roy NN)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *