Pemerintah Pusat Diminta Tinjau Sistem Pengawasan Kepabenan di Pelabuhan ASDP RORO Punggur

Batam, Nusantaranews86.id– Aktivitas pengiriman keluar – masuk barang antar pulau dan provinsi sudah sepatutnya menjadi perhatian khusus oleh Menteri Keuangan Republik Indonesia dan Dirjen Bea Cukai terkait sistem kepengawasan kepabenan di Pelabuhan ASDP Punggur terkesan lemah tidak adanya alat X-Ray sebagai alat pendeteksi barang bawaan di dalam mobil.

Saat media ini mendatangi Pelabuhan ASDP Penyeberangan Punggur, terlihat pegawai Bea Cukai Batam terkesan hanya melakukan pemeriksaan dokumen barang pada setiap mobil, tanpa dilakukan pembongkaran untuk mengetahui apa saja jenis/nama barang bawaan tersebut.(24/8/2022).

Humas Bea Cukai Batam, Bapak Rizki saat dikonfirmasi media ini memaparkan, bahwa salah satu permasalahan yang krusial di Pelabuhan Roro Punggur adalah tidak adanya lokasi pemeriksaan dan areal tunggu sebelum masuk kapal yang memadai dan representative.

“ Itu yang lagi kita upayakan dan berkoordinasi dengan pengelola. Saat ini barang yang sudah dilakukan pemeriksaan di Punggur tidak semuanya langsung masuk ke areal pelabuhan ada juga yang kembali keluar dikarenakan areal pelabuhan harus steril sebelum kedatangan kapal Roro,”sebutnya.(24/8/2022).

Bapak Rizki menambahkan, idealnya barang yang sudah dilakukan pemeriksaan tidak boleh keluar dari areal pemeriksaan. Tapi apabila itu dilakukan akan menimbulkan stagnasi, ungkapnya.(Tim)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *