Wujud Syukur Maha Kuasa, Pemdes Sumber Jaya Gelar Adat Budaya Sedekah Bumi

Indramayu, nusantaranews86.id,- Pemerintah Desa Sumberjaya Kecamatan Kroya Kabupaten Indramayu Jawabarat menggelar Acara adat istiadat Sedekah Bumi dengan di sediakan Pagelaran Seni Wayang kulit Langen Kusuma dengan Dalang H.Rusdi dari Desa Celeng Lohbener bertujuan untuk menghormati para leluhur kiBuyut Sindu Haji sebagai sesepuh terdahulu.

Sebagai bentuk menghormati adat istiadat dari turun temurun nenek moyang terdahulu juga sebelum masa garap sawah masyarakat Khususnya, Desa Sumberjaya menggelar Sedekah Bumi agar yang kita tanam baik Padi maupun umbi-umbian atau kacang-kacangan tumbuh subur dan apapun kita hidup diatas bumi juga menikmati hasil bumi.

Kusnedi selaku Kepala Desa Sumberjaya saat di wawancarai oleh awak media mengatakan

” Alhamdulilah Masyarakat saya masih menghormati adat ini sehingga bisa terbentuk rasa saling memiliki dan bersifat kegotongroyongan untuk menggelar pesta Sedekah bumi walaupun hanya sederhana” Ucap Kusnedi.

Ia berharap untuk Pesta Adat Sedekah bumi ini terus di galakan setiap tahunya dari generasi ke generasi lainya jangan sampai punah atau hilang ditelan jaman pasalnya dengan kehidupan medern dan serba canggih Budaya kita tetap harus di jaga kearifan lokal ” Harapnya.

Sejarah sedekah bumi merupakan ritual atau upacara sebagai bentuk rasa syukur masyarakat yang telah berlangsung ratusan tahun di desa sumber jaya yang tetap dipertahankan masyarakatnya.

Pada kegiatan sedekah bumi di desa sumber jaya untuk memperkuat pelaku-pelaku UMKM dan seni budaya tradisional mewujudkan wisata budaya tahunan.

Kusnedi berharap untuk pemulihan ekonomi masyarakat kami gerakkan untuk tumbuh dan kuat lagi, setelah dua tahun lesu akibat pandemi COVID-

Dari sisi ritual sedekah bumi dipercaya kebanyakan orang berawal dari penyebaran agama Islam di Pulau Jawa.

Salah satu tokoh penyebaran Islam di Nusantara adalah Sunan Kalijaga yang berdakwah melalui media pagelaran wayang kulit.

Dalam pagelaran wayang kulit, Sunan Kalijaga menyelipkan makna atau pesan tentang keislaman yang mudah dipahami masyarakat.

Melalui tradisi ini warga sumber jaya berharap agar diberi banyak limpahan rezeki dan dijauhkan dari bahaya oleh Allah Yang Maha Kuasa. Sedekah bumi atau apitan juga dilakukan untuk mempererat persaudaraan antar warga. Selain itu sedekah bumi juga bertujuan meneruskan atau melestarikan budaya Di desa sumber jaya yang ada di Kabupaten Indramayu, setiap tahunnya biasa mengadakan kegiatan tradisional tersebut dengan hiburan wayang kulit.

( Atim Sawano )

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *