Waow…!!! Border PLBN ARUK Terkesan Tertutup, SBMI Bersama Jurnalis Diintimidasi Security 

Sambas Kalimantan Barat, Nusantaranews 86.id – Lagi-lagi tindakan tidak menyenangkan dan terkesan melecehkan profesi jurnalis di Border Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Aruk Kabupaten Sambas. Pasalnya pada saat melakukan sosial control bersama Lembaga Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Kabupaten Sambas di lokasi tersebut pada hari Jumat (16/09/2022).

 

Berdasarkan informasi dari narasumber kepada Lembaga Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Kabupaten Sambas, pada hari Kamis (15/09/2022) terjadi pencegahan pekerja Unprosedural sebanyak 5 orang oleh pihak Pamtas Perbatasan dan diserahkan kepada pihak Kepolisian Sektor/Polsek Sanjingan Besar Polres Sambas .

Selanjutnya pada hari Jumat (16/09/2022) adanya pengiriman jenazah dari Sarawak Malaysia menuju Sambas melalui Border Pos PLBN Aruk serta ada kegiatan pengiriman ekspor barang yang bongkar muatnya masuk wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sunardi selaku Ketua SBMI Kabupaten Sambas bersama Tim awak Media mencari kebenaran terkait laporan narasumber tersebut dengan mendatangi Polsek Sajingan Besar Polres Sambas,untuk mengkonfirmasi pengaduan narasumber (masyarakat) tersebut .

Namun pihak Polsek Sajingan besar , membenarkan adanya pencegahan masuknya pekerja Unprosedural sebanyak 5  orang dan setelah diperiksa tidak ditemukan agency perekrut pengirimnya sehingga mereka dipulangkan ke tempat asal Jawai Kabupaten Sambas .

Setelah mendapat keterangan dari Polsek Sajingan Besar, SBMI bersama Tim rombongan awak media melakukan control sosial dengan menuju Border PLBN Aruk dan menyambangi Pos Pamtas Aruk dan tim mendapat informasi yang sama dari pihak Polsek .

Berdasarkan informasi dari pihak Polsek Sanjingan Besar dan Pos Pamtas .SBMI bersama Tim Awak Media menyambangi Border PLBN Aruk. Sebelum memasuki wilayah Border PLBN Tim awak Media meminta ijin dahulu kepada Security/Satpam dan memberikan kartu pengenal di gate/Pintu 2 (Dua) .

Namun saat di lokasi Border SBMI dan Tim Awak Media melihat atau menemukan 2 orang Warga Negara Asing (WNA) Malaysia dengan 2  kendaraan mobil yang terparkir di Zona Border Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan menunggu kiriman barang .

Secara tiba tiba security datang menghampiri salah satu wartawan dan sambil bertanya kepada Awak Media dengan sinis dan arogan, bahwa kendaraan mobil tim awak media tidak diperbolehkan masuk karena border sudah mau tutup.

Sehingga terjadi perdebatan antara Tim Awak Media dengan Security/Satpam Border PLBN Aruk. Pada saat dikonfirmasi terkait keberadaan Warga Negara Asing (WNA) Malaysia yang sedang duduk bersama 2 buah kendaraan mobil terparkir berplat Nomor Negara Malaysia .

Setelah perdebatan tersebut Tim Awak Media marah karena warga Negara Asing (WNA) Malaysia tidak dipermasalahkan parkir kendaraan mobil di wilayah Bordir PLBN meskipun Bordir sudah tutup. Sangat mirisnya SBMI bersama Tim Awak Media selalu dipertanyakan oleh Security/ Satpam. Ada apa….??? .

Script Peraturan Undang Undang Dewan PERS .

“Security/Satpam Border PLBN Aruk Kabupaten Sambas telah melanggar Undang Undang PERS Nomor 40 Tahun 1999 tentang Tugas pokok dan fungsi PERS .

Mengacu Pasal 18 ayat (1) menjelaskan ,”Bahwa setiap orang yang secara melawan hukum dengan sengaja melakukan perbuatan berakibat menghambat atau menghalangi pelaksanaan kemerdekaan PERS dalam mencari,  memperoleh ,dan menyampaikan gagasan dan informasi dapat dikenakan sanksi ancaman Pidana penjara paling lama 2 tahun atau denda maksimal Rp 500.000.000 (Lima Ratus Juta Rupiah) .

Sumber : SBMI Dan Tim Awak Media Kabupaten Sambas .

 

Editor : EVI ZULKIPLI .

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *