Selain Pulang Kampung, Warga Nipah Panjang Jalani Tradisi Ziarah Makam Hari Kedua Lebaran

JAMBI, Nusantaranews86.id – Hari Raya Idul Fitri adalah hari yang dinanti-nanti bagi umat muslim khususnya bagi masyarakat Indonesia.
Untuk meraih kemenangan setelah usai menjalankan ibadah puasa selama satu bulan, moment hari Raya merupakan kesempatan yang digunakan untuk pulang kampung berkumpul bersama sanak famili dan keluarga.

Selain itu, pada moment hari raya juga kerap dimanfaatkan untuk ziarah makam terutama pada hari raya kedua.

Pada hari raya kedua Idul Fitri, terlihat bondong-bondong warga Kecamatan Nipah Panjang Kabupaten Tanjab Timur – Jambi memadati Tempat Pemakaman Umum untuk berziarah, Selasa (3/5/2022).

Salah satunya Frendi yang berasal dari Kota Solo pulau Jawa. Selain pulang kampung mendampingi istri yang asal kelahiran dari Kecamatan Nipah Panjang, moment hari raya digunakan untuk bersilaturahmi dengan orang tua dan saudara.
Selain itu, moment pulang kampung hari raya juga di manfaatkan Frendi bersama saudara dan keluarga untuk berziarah ke makam.
Meski tidak tiap tahun dapat pulang kampung karena kesibukan pekerjaan dan hal lain, hari raya Idul Fitri sangat dimanfaatkan untuk berkumpul dan bersilaturahmi bersama keluarga.

Ziarah makam juga penting baginya, karena dengan berziarah dan mengirim do’a, artinya kita masih mengingat para orang-orang yang telah mendahului kita, “ujarnya.

Kesan yang dapat diambilnya, bahwa kekerabatan yang ditunjukkan sangat kental sekali, kemudian tingkat perekonomian lebih meningkat dengan melihat pembangunan-pembangunan yang kian banyak.
Ia berharap, dengan melihat moment ini hendaknya pemerintah dapat lebih berperan terutama terkait infrastruktur yang ada. ( Doni Riyadi )

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *