Ketua DPRD Ketapang Buka Giat Sapat Tahun Dan Doa Akasyah

Ketapang, Nusantaranews86.id – Didampingi Ketua Ikkramat, Ketua DPRD Kabupaten Ketapang, M. Febriadi, S.Sos.,M.Si, menghadiri sekaligus membuka kegiatan Sapat Tahun dan Do’a Akasyah di Halaman Kantor Desa Negeri Baru Kecamatan Benua Kyong, Kamis 28 Desember 2023.

M. Febriadi dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan Sapat Tahun dan Do’a Akasyah ini adalah upaya melestarikan Adat dan Budaya sebagai warisan nenek moyang terdahulu.

“Kegiatan ini juga pernah dilaksanakan di Desa Sungai Awan Kiri sekitar tahun 2009 an dan di desa Sukabangun Dalam. Namun sekarang ini sudah mulai hilang dan sudah ditinggalkan oleh masyarakat,” Ucap Febriadi.

Bacaan Lainnya

Selanjutnya Febriadi mengharapkan mudah-mudahan kegiatan yang dilaksanakan oleh Kepala Desa Negeri Baru itu untuk dapat diikuti atau dilaksanakan di desa désa lain, pada tahun tahun tahun berikutnya.

Sementara itu Ketua IKKRAMAT, Uti Royden Top, S.M., yang juga Ketua Komisi II DPRD Ketapang mengapresiasi kegiatan ini.

Menurutnya, setiap akhir tahun Sapat Tahun dan Do’a Akasyah yang dilaksanakan di Desa Negeri Baru dipandangnya sangat positif dimana ada doa akasyah atau doa tolak bala’ yang bertujuan mendoakan kampung agar terhindar dari marabahaya dan berharap keselamatan untuk Kabupaten Ketapang.

Sementara itu, Kepala Desa Negeri Baru, Suda Effendi menyampaikan bahwa Sapat Tahun dan Doa Akasyah yang diadakan di Desa Negeri Baru tersebut dikenal juga dengan istilah berobat kampung, atau juga bersih-bersih kampung.

Prosesi adat yang dilaksanakan sehari itu, pada puncaknya melakukan  pelepasan berbagai peralatan di dalam perahu yang terdapat sejumlah makanan seperti ketupat, kue jajanan dan lain sebagainya.

Kegiatan dilanjutkan pembacaan doa akasyah dengan cara berkeliling kampong secara berkelompok, dimana masyarakat menyediakan air dalam wadah atau tempat yang disimpan ditepi jalan, dan air tersebut didoakan oleh pemimpin doa.

Tujuan dari  Sapat Tahun dan Do’a Akasyah adalah sebuah upaya kepada Tuhan Yang Maha Esa, agar terhindar dari marabahaya, penyakit, bencana alam, paceklik, musim panas yang berkepanjangan dan lain sebagainya.

Selain Ketua DPRD Ketapang, Febriadi dan Ketua Komisi II, Uti Royden Top, hadir pada kegiatan tersebut Camat Benua Kayong, Perwakilan dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Ketapang, Perwakilan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Kabupaten Ketapang, Lurah, Kepala Desa se Kecamatan Benua Kayong, Kapolpos, Babinsa Negeri Baru, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tim Penggerak PKK Benua Kayong serta sejumlah undangan lainnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *