Gandeng KPU Tanjab Timur, SMAN 1 Rantau Rasau Gelar PROJECT P5

Tanjung Jabung Timur (Jambi), nusantaranews86.id – Dalam rangka turut mensukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024 yang akan digelar pada 27 November mendatang, pihak SMAN 1 Kecamatan Rantau Rasau Kabupaten Tanjung Jabung Timur gelar kegiatan PROJECT P5 (Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila). dengan tema “SUARA DEMOKRASI” Suaramu Menentukan Masa Depan Kita.

Dengan menggandeng dan berkolaborasi bersama KPU Kabupaten Tanjab Timur, giat Project P5 diikuti antusias ratusan siswa dan siswi SMAN 1 Tanjab Timur juga turut dihadiri PPK, PPS se-Kecamatan Rantau Rasau, serta para Majelis Guru (11/10/2024).

Kepala Sekolah SMAN 1 Tanjung Jabung Timur Propinsi Jambi, Nurkholis Huda, S.Pt, M.Pd menyampaikan, bahwa pendidikan untuk sekolah saat ini menggunakan Kurikulum Merdeka. Salah satu pembahasan dalam Kurikulum Merdeka adalah Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau dikenal Project P5 Suara Demokrasi.

Sesuai pada tahun ini akan berlangsung Pilkada serentak pada 27 November 2024 dan SMAN 1 juga akan melakukan pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS, maka pihaknya menggandeng dan berkolaborasi bersama KPU Tanjab Timur untuk memberikan pemahaman kepada siswa siswi tentang pentingnya demokrasi. “ujar Nurkholis Huda usai kegiatan tersebut.

Sementara itu, Ketua KPU Tanjab Timur Hodijtul Qubro, S.Pd.i menjelaskan, tentang peran Komisi Pemungutan Suara (KPU) dalam demokrasi di Indonesia, dirinya menyebutkan bahwa pelaksanaan pemungutan suara pada hari pemungutan tidak terjadi begitu saja, butuh proses yang panjang antara lain pendaftaran partai politik, pendaftaran pasangan calon baik itu calon Presiden dan Wakil Presiden, Gubernur dan Wakil Gubernur, Wali Kota dan Wakil Wali Kota, maupun Bupati dan Wakil Bupati, pembentukan badan ad hoc, logistik untuk pemungutan suara serta sosialisasi, maupun memberikan pendidikan atau pemahaman kepada pemilih bagi seluruh pemilih di Indonesia, ”jelasnya.

Menurutnya, kualitas pemilih yang baik tidak lepas dengan dilakukan sosialisasi dan pendidikan kepada para pemilih. “Kualitas peran pemilih yang baik penting bagi demokrasi. Didukung adanya Project P5 (Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dengan tema Suara Demokrasi, hal ini adalah upaya memberikan kesadaran sejak usia dini terkait pentingnya demokrasi bagi bangsa Indonesia, dan pemilih yang cerdas akan menentukan pemimpin yang berkualitas, “tambahnya.

Bagaimana kita bisa menentukan Calon Pemimpin yang berkualitas? “tanya Ketua KPU.

Para pemilih harus mengetahui siapa Calon, Visi dan Misi juga track record (rekam jejak) para Calon. Dengan mengetahui semuanya, maka kita akan menentukan untuk kemajuan Bangsa maupun Daerah, “tandasnya.

Lanjut Hodijatul Qubro, “Bangsa maupun daerah yang maju tak lepas dari peranan pemuda yang sadar akan pentingnya kemajuan bangsa dan daerah, kemudian Pancasila merupakan dasar yang tak boleh ditinggal dalam pelaksanaan berbangsa dan bernegara. terdapat sejarah yang mengingatkan kembali akan pentingnya Pancasila dan suara rakyat untuk kemajuan negara. ” tambahnya pula.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *