Wujud Peduli ke Para Petani Kades Iman Tarsiman Normalisasi Aliran Sungai

Indramayu, Nusantaranews86.id – Pemerintah Desa Parean Girang Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu Jawa Barat di bawah Pimpinan Kepala Desa Iman Tarsiman SH sudah banyak sekali perubahan di samping infrastruktur juga dari segi pertanian.

Seperti belum lama ini dibangunya suatu normalisasi di Sungai Bendo juga beberapa anak sungai ( kali ) yang dulu sempat tak terurus alhasil aliran air tak normal sehingga para petani banyak gagal panen karena sawah mereka kekurangan air

Akhirnya pemerintah Desa Parean Girang punya inisiatif untuk mengeruk saluran kali tersebut dengan memakai alat berat agar sungai tersebut bisa mengaliri pesawahan yang sempat gagal panen saat itu. Dari sejumlah saluran irigasi yang dipekerjakan untuk normalisasi diantaranya Kali Glodok, Kali Groyok, Kali Bandos Citulang dan Kali Daliran.

Iman Tarsiman Kades,/Kuwu Parean Girang saat diwawancarai oleh awak media di lokasi normalisasi menuturkan,

“Alhamdulilah dengan dinormalisasi aliran sungai di Blok Bendo dan di beberapa anak sungai semoga bermanfaat bagi para petani pada musim tanam padi dan tak lagi kekurangan air untuk pesawahan mereka baik untuk panen pertama ( Rendeng ) atau panen yang kedua ( Sadon ) sehingga dapat menumbuhkan perkembangan ekonomi masyarakat,” tutur Iman Tarsiman SH.

Dan saya berharap dengan dinormalisasi sungai ini para petani khususnya Desa Parean Girang  bisa panen maksimal dari yang sebelumya sehingga terwujud desa dengan pertumbuhan ekonomi yang baik, paparnya.

Salah satu petani sebut saja Warmin yang sawahnya dekat dengan aliran Sungai Bendo ia mengatakan,”Ya Pak dulu sebelum dikeruk sungai ini, saya sering gagal panen dan sangat sulit untuk bercocok tanam, kata Warmin.

“Tapi sekarang Alhamdulillah Pak Kades/ Kuwu sudah membantu para petani yang banyak kekurangan air untuk sawah masyarakat di Desa Parean Girang ini, ” imbuhnya

Ia berharap pak Kades/ Kuwu tetap menjadi pemimpin desa kami dikarenakan di masa beliau yang sekarang banyak sekali masyarakat merasakan manfaatnya khususnya para petani.

Berbagai kalangan masyarakat khususnya Desa Parean Girang merasa bersyukur di bawah pimpinan Kades/Kuwu Iman Tarsiman bisa menjadi desa yang mandiri dan menuju Desa Emas, pungkasnya.

Atim Sawano

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *