Warga Minta Pemkab Mempawah, Segera Perbaiki Jalan yang Rusak Berlubang

Mempawah, Nusantaranews86.id-
Adanya kerusakan jalan yang berlubang beberapa warga sangat menghawatirkan bagi pengguna jalan, apalagi ketika musim penghujan. Kerusakan jalan di berbagai titik di Dusun Sebukit Rama Desa Pasir, Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah, Kalbar.

Berdasarkan informasi pekerjaan jalan tersebut, dikerjakan pada tahun 2021 menggunakan dana anggaran APBD Kabupaten Mempawah. Sudah banyak berlubang membuat beberapa warga berharap agar jalan tersebut cepat di perbaiki.

Apalagi akses jalan tersebut, ada situs Makam Keramat Daeng Manambon, menjadi sorotan dari warga luar Kabupaten Mempawah, Kalbar. Yang berkunjung/berziarah ke Makam Daeng Manambon.

Menurut Irwandi (48) warga asal Dusun Sebukit Rama, Desa Pasir,
mengatakan,” salah satu aspek infrastruktur yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat adalah jalan. Jalan yang baik dan terawat dapat mempermudah aksesibilitas dan mobilitas masyarakat”.

“Serta mendukung perkembangan ekonomi dan sosial di Kabupaten Mempawah, namun bilamana banyaknya lubang jalan tersebut. Sangat menghawatirkan, bisa bisa nyawa jadi taruhannya”.

“Dalam pelaksanaan kegiatan pekerjaan tahun 2021 di jalan tersebut, diduga pihak pelaksana mengerjakan di jalan tersebut tidak sesuai spesifikasi kontrak dan berpotensi terjadi rugikan negara/daerah,” tegas Irwandi.

Hal senada Ical (47) warga Mempawah, menuturkan.”kami sebagai warga berharap agar jalan di Dusun Sebukit Rama, Desa Pasir, Kecamatan Mempawah Hilir, yang berlubang jangan menunggu jatuh korban dulu, baru diperbaiki”.

“Menurut Ical mengapa warga Dusun Sebukit Rama, berharap jalan cepat diperbaiki. Yaitu untuk meningkatkan keamanan jalan yang rusak atau berlubang dapat menyebabkan kecelakaan, yang berpotensi mengancam keselamatan pengguna jalan
terutama pengendara sepeda motor dimalam hari”.

“Jalan yang baik dan lancar akan mempermudah aksesibilitas barang dan jasa, sehingga membuka peluang bagi pengembangan usaha dan kesejahteraan secara keseluruhan”.

“Perbaikan jalan juga akan memberikan kenyamanan bagi masyarakat dalam beraktivitas sehari-hari,” pungkasnya.

Scrip Analisis Hukum Lembaga TINDAK INDONESIA.

Yayat Darmawi,SE,SH,MH koordinator lembaga Tim Investigasi dan Analisis Korupsi dalam keterangannya via WhatsApp saat dimintai legal Opininya mengatakan, bahwa terkait dengan lemahnya bidang Perawatan Jalan di dinas PUPR kabupaten mempawah. Dalam merespon perbaikan terhadap jalan jalan yang rusak dan berlubang padahal anggarannya kan ada, kata yayat.

Anggaran Perawatan jalan yang mestinya sudah ready di Dinas PU kabupaten mempawah, tujuannya adalah untuk digunakan dalam mengantisipasi kerusakan yang bisa semakin parah dan juga agar dapat menutupi lubang lubang untuk menghindari terjadinya kecelakaan warga seharusnya anggaran tersebut di gunakan, namun apabila anggaran perawatan tidak dapat diwujudkan sedangkan anggarannya ada berarti dikemanakan anggaran perawatan jalan tersebut, kata yayat.

Mempawah, adalah merupakan kabupaten tertua dikalimantan barat ini namun progres pembangunan jalannya dapat dilihat dengan kasat mata, namun yang mengherankan juga Perjuangan dari wakil rakyatnya dan fungsi dari rakyatnya seakan melempem, ada apa ini cetus yayat lagi.

Penulis : Evi Zulkipli.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *