Wabup Lingga Neko Wesha Pawelloy Perjuangkan Kapal Roro Tetap Lintasi Provinsi Jambi Dan Kepri

Lingga – Kepri, Nusantaranews86.id – Terkait adanya kabar bahwasanya Kapal Roro yang biasa melintasi Batam – Lingga dan Kuala Tungkal Jambi akan beralih rute.

Mendengar kabar tersebut, Wakil Bupati Lingga Neko Wesha Pawelloy dengan segera mengambil tindakan berjumpa dengan Direktorat TSDP, Kementrian Perhubungan pada Jum’at (24/3/2023).

Setelah menjumpai Direktorat TSDP, Kementerian Perhubungan, akhirnya Wakil Bupati Lingga memastikan bahwa Kapal Roro yang sebelumnya dikabarkan akan pindah lintasan ke Provinsi Riau, pada tahun ini akan tetap beroperasi melintasi wilayah Kabupaten Lingga melayani masyarakat Lingga.

Neko Wesha Pawelloy mengatakan, nantinya pihak Direktorat Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan (TSDP) Kementerian perhubungan akan segera menyurati, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) yang mengelola kapal roro KMP. Senanging yang biasanya melayani rute pelayaran tersebut, untuk membatalkan rencana perpindahan lintasan, dan kembali ke lintasan awal yaitu Batam-Lingga dan Kuala Tungkal Jambi.

Alasan kita sangat kuat karena sampai saat ini, masyarakat Lingga khususnya, sangat bergantung dan terbantu dengan adanya Kapal Roro tersebut, apalagi kita saat ini sedang musim Lebaran, dan pada Idul Fitri nanti, intensitas arus mudik dan barang menggunakan Roro sangat tinggi pada tahun ini, karena tidak ada lagi PPKM, ”ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kasubdit Sarana Transportasi Sungai Danau dan Penyeberangan, Abdi Sabda mengatakan tidak akan memberikan akses kepada pihak ASDP, untuk mengganti lintasan ke daerah lain, atas pertimbangan kebutuhan masyarakat di wilayah Kabupaten Lingga, khususnya dan para pelaku usaha kecil menengah di Batam dan Kuala Tungkal, Jambi.

“Kita akan segera menyurati ASDP, dan nanti akhir bulan ini sudah ada kabarnya, salah satunya tentang penyesuain tarif yang dikeluhkan oleh pihak ASDP akan segera kita sesuaikan, dan mungkin setelah itu keluar akan segera beroperasi,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Lingga juga didampingi beberapa perwakilan Dinas Perhubungan Kabupaten Lingga, yang langsung disambut oleh Kasubdit Sarana Transportasi Sungai, Danau dan Penyebrangan Abdi Sabda, Kepala subkoordinator kelompok sarana penyeberangan Aminuddin dan Kepala Subkoordinator Kelompok Sarana Sungai dan Danau Eko.

Dengan adanya kabar baik ini tentu menjawab polemik, rencana kapal roro yang akan pindah lintasan, dan pada bulan ini atau bulan depan Kapal Roro KMP Senangin akan kembali berlayar ke wilayah Kabupaten Lingga, dan akan sangat membantu masyarakat di Kabupaten Lingga khususnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *