Usai Gelar Upacara Peringati HUT RI Ke-79, Segenap Forkopimcam Nipah Panjang Lakukan Ziarah Tabur Bunga Dimakam Pejuang

Tanjung Jabung Timur (Jambi), nusantaranews86.id – Dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-79, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Nipah Panjang gelar upacara pengibaran bendera merah putih dilapangan bola kaki Nipah Panjang, Sabtu (17/8/2024).

Pada peringatan momen detik-detik proklamasi hari besar bangsa Indonesia tersebut, Camat Nipah Panjang Amri Juhardy, S.Ip bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup), bertindak sebagai Komandan Upacara Serda Ariyudi Siswanto (TNI) dan sedangkan bertindak sebagai Perwira upacara adalah Serda Teguh Santoso (TNI). Untuk pembacaan Proklamasi, ditugaskan kepada Azhar Idris mantan anggota DPRD Kabupaten Tanjab Timur, kemudian untuk pembacaan doa ditugaskan kepada Kepala Urusan Agama (KUA) Nipah Panjang Kamaruddin, S.Ag.

Para peserta upacara memadati lapangan dimana upacara akan digelar, mulai dari siswa-siswi tingkat Sekolah Dasar, SMA sederajat hingga para PNS/ASN. Tampak juga di podium hadir dari unsur seluruh Forkopimcam, Tokoh masyarakat dan Tokoh agama.

Upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia Ke-79 berjalan dengan hening dan penuh khidmat, gemuruh serentak hentakan kaki para pasukan pengibar bendera (paskibra) membuat upacara peringatan kian penuh makna.

Meski dengan teriknya matahari menyinari, tidak menyurutkan semangat para peserta yang tetap berdiri tegak hingga upacara selesai digelar.

Usai pelaksanaan upacara, Camat Nipah Panjang beserta unsur lainnya melakukan tabur bunga di pemakaman umum pejuang masyarakat Nipah Panjang yang dipimpin langsung oleh Danramil 419-04/Nipah Panjang Kapten Inf Zulkarnain, S.H.

Diawali pembacaan doa oleh Ketua MUI Kecamatan Nipah Panjang, H. Husni Tamrin, selanjutnya dilakukan tabur bunga oleh Camat Nipah Panjang, Danramil, Kapolsek dan para Forkopimcam lainnya.

Camat Nipah Panjang, Amri Juhardy, S.Ip menyebut, kegiatan Ziarah pengiriman doa dan tabur bunga ini dilaksanakan sebagai bentuk pemberian penghormatan dan penghargaan kepada para Pejuang yang telah mengorbankan jiwa dan raga dalam merebut Kemerdekaan RI dari tangan para penjajah demi kedaulatan NKRI, khususnya di wilayah Kecamatan Nipah Panjang Kabupaten Tanjab Timur, “tuturnya.

Camat berharap, kegiatan seperti ini bisa terus dilaksanakan, karena hal ini adalah kegiatan yang bersifat positif dan mampu sebagai pengingat kepada diri sendiri dan penerus bangsa sejauh mana pengorbanan yang telah dilakukan para pejuang terdahulu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *