TNI AL Ketapang Jadikan Pulau Cempedak Sebagai KBN

Ketapang, Nusantaranews86.id – Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ketapang-Kalbar mengikuti acara video conference peresmian Kampung Bahari Nusantara (KBN) secara serentak yang dipimpin langsung oleh wakil presiden Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin.

Acara peresmian itu dipusatkan di Pulau Untung Jawa Kabupaten Kepulauan Seribu DKI Jakarta dan diikuti oleh 68 Satuan Komando Wilayah (Satkowil) di seluruh Indonesia.

Bacaan Lainnya

Kegiatan tersebut mengangkat tema “Kampung Bahari Nusantara TNI AL Siap Meningkatkan Produktivitas Untuk Transformasi Ekonomi Yang Iklusif Dan Berkelanjutan Bagi Masyarakat Maritim Yang Sejahtera”.

Danlanal Ketapang Letkol Laut (P) Bambang Nugroho, M.Tr.Opsla dalam sambutan menyampaikan bahwa Kampung Bahari Nusantara Pulau Cempedak yang berada di Desa Kendawangan Kiri, Kecamatan Kendawangan itu ditunjuk oleh TNI AL Ketapang untuk program ke depan agar dapat menjadi daerah tujuan wisata sehingga dapat mengangkat perekonomian masyarakat sekitar.

Lebih lanjut Danlanal Ketapang menuturkan untuk klaster KBN di wilayah ini tentunya dapat menjalin hubungan yang lebih baik antara TNI AL dan warga Pulau Cempedak, Desa Kendawangan Kiri-Kendawangan serta masyarakat Kabupaten Ketapang pada umumnya sehingga keberadaan TNI AL di Ketapang dapat berguna dan dapat memberdayakan potensi ketahanan dan pertahanan maritim bagi masyarakat, bangsa dan negara.

“Kedepan, bukan hanya Pulau Cempedak yang akan dijadikan KBN namun kita bertekad seperti Desa Suka Baru Kecamatan Benua Kayong dengan hutan maggrovenya akan menjadi sasaran KBN TNI AL,” kata Bambang Nugroho, Senin (15/05/23).

Di tempat lain Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI Muhammad Ali dengan disaksikan secara video confrence menyampaikan dan mengajak agar semua pihak dapat bersyukur kepada Allah SWT yang sudah memberikan kesempatan atas terselenggaranya kegiatan peresmian Kampung Bahari Nusantara (KBN) secara serentak.

“Kami ucapkan terikasih kepada Wapres RI Ir. H Makruf Amin yang berkenan untuk meresmikan Kampung Bahari Nusantara ini” ucapnya.

Adapun maksud dan tujuan kegiatan ini menurut KASAL untuk mewujudkan cita-cita masyarakat maritim agar dapat meningkatkan produktifitas ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

Wapres RI Ir. H Makruf Amin dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada TNI AL beserta jajaran yang sudah melaksanakan kegiatan Kampung Bahari Nusantara ini yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas masyarakat pesisir.

“Semoga ke depannya Kampung Bahari Nusantara ini dapat dikembangkan ke berbagai wilayah yang belum tersentuh. Diketahui, wilayah kita ini merupakan terbesar kedua dunia wilayah pantainya,” Terang Ma’ruf Amin.

Selanjutnya Ma’ruf Amin dengan Dengan mengucapkan kalimah Bismillahirrahmanirrahim, menandakan Kampung Bahari Nusantara tanda diresmikan.

Turut menghadiri acara peresmian antara lain dari Forkopimda Ketapang, LSM, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat, Pelajar dan Pokdarwis Pulau Cempedak.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *