Tim SAR TNI AL dan Basarnas Ketapang Evakuasi Korban Tenggelamnya KLM Tirta Sejati 3

Ketapang, Nusantaranews86.id – Personil Posal Delta Pawan Beserta Tim Basarnas Kabupaten Ketapang-Kalbar melaksanakan penyelamatan terhadap ABK KLM Tirta Sejati 3 yang tenggelam, Kamis (06/03/23) Pukul 12.45 wiba.

KLM Tirta Sejati Tenggelam pada koordinat 1°24’47.508″S-109°51’47.567″E sekitar 25 Mil laut dari Pos SAR Ketapang.

Bacaan Lainnya

KLM Tirta Sejati 3 dengan GT 80 itu merupakan Kargo Kapal Kayu yang pada waktu itu tercatat pemiliknya bernama Usman Muji beralamat Pontianak, sedang melakukan pelayaran  dari Pontianak menuju Ketapang.

Pada saat Tenggelam, kapal naas itu dinakhodai oleh Adri (L) 32 tahun asal Tanjung Balai bersama 5 ABK (Anak Buah Kapal) yaitu, Hendri (L) 32 tahun asal Sungai Duri Mempawah, Ari (L) 30 tahun asal Medan, Arifin (L) 27 tahun, asal Tanjung Balai, Udin (L) 34 tahun Pontianak dan Usup (L) 40 tahun asal Pontianak.

Kronologi tenggelamnya kapal diterangkan ketika KLM Tirta Sejati 3 bertolak dari pelabuhan Senghi Pontianak pukul 05.00 wib hari Rabu 05 April 2023 dengan tujuan pelabuhan Saunan Ketapang mengangkut Mebel dan bahan sembako.

Setelah berlayar sehari semalam atau pada hari Kamis (06/03/23) sekitar pukul 10.00 wib, tiba-tiba angin kencang dan gelombang tinggi dari arah haluan sehingga Palka Kapal masuk air.

Melihat kenyataan itu, Kapten Kapal bersama ABK mencoba memompa serta mempertahankan posisi kapal sambil berjalan pelan-pelan.

Namun apa yang terjadi, sekitar setengah jam kemudian lambung kapal sudah penuh air dan Kapten Kapal menghubungi pihak owner kapal dan menyampaikan kapal akan tenggelam.

Selanjutnya, sekitar Pukul 11.20 Wib Pos SAR Ketapang menerima informasi dari Kantor SAR Pontianak terkait adanya KLM tenggelam pada perkiraan koordinat 1°24’47.508″ S – 109°51’47.567″ E.

Atas laporan tersebut pada Pukul 12.40 Wib Tim SAR Ketapang beserta Tim SAR TNI AL Ketapang langsung berangkat menuju perkiraan lokasi kapal tenggelam.

Wal hasil, sekitar  jam 15.03 Tim SAR berhasil menemukan seluruh ABK KLM Tirta Sejati 3 dan langsung melaksanakan evakuasi.

Selanjutnya para ABK di bawa ke pelabuhan Sukabangun Ketapang dan dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh KKP di bawah pimpinan dr Rini dan dr Oktavian serta Tim Nakes TNI AL Ketapang.

Setelah dinyatakan sehat oleh Tim Nakes berikutnya seluruh ABK KLM Tirta Sejati 3 tersebut diserahkan kepada perwakilan owner Kapal.

Mereka yang terlibat sebagai Tim SAR tenggelamnya KLM Tirta Sejati 3 adalah Sidik Setiono Dan Pos SAR Ketapang. KLK Nav Yogi Sudeska Pers Posal Delta Pawan, Asmayadi, Azis zaki Mubarok dan Lutfi Arya B masing-masing dari Pers Pos SAR Ketapang

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *