THAILAND JADI TUJUAN KKLN PASIS SESKOAU A-60

Bangkok, Nusantaranews86.id – Jumat (22/09/23). Dalam rangka mendapatkan informasi terkait dengan kesiapan dan langkah-langkah yang diambil oleh negara-negara di kawasan, serta menjalin kerja sama udara dan antariksa dalam membangun tatanan Kawasan Indo-Pasifik, maka Thailand menjadi negara tujuan Kuliah Kerja Luar Negeri (KKLN) Perwira Siswa (Pasis) Seskoau Angkatan Ke-60 yang berjumlah 139 orang. Kegiatan ini berlangsung selama 4 hari, mulai tanggal 18 s.d. 21 September di Kota Bangkok, Thailand.

 

Tujuan dilaksanakannya KKLN ini adalah untuk membekali serta menambah pengetahuan para Pasis Seskoau, sehingga dapat mengembangkan ide dan pemikirannya dalam menghadapi kerja sama udara dan antariksa. Selanjutnya, sebagai bahan pembanding tambahan agar membuka wawasan para pasis berkaitan dengan langkah-langkah yang diambil oleh negara yang berada di kawasan Indo-Pasifik dalam hal kerja sama keamanan. Dan yang terakhir adalah memperoleh pengalaman dari negara yang dituju sehingga akan mendapatkan data dan informasi yang aktual.

 

Dalam kunjungan ini, bertindak selaku Wa Kagiat/Wa Pim Umum yaitu Wadan Seskoau Marsma TNI Tahyodi, S.A.P., Ketua Rombongan Kakordos Seskoau Marsma TNI I Made Hartawan, S.I.P., M.M., M.Han., beserta beberapa pejabat Struktural Seskoau, Dosen, Patun, diantaranya Kepala Departemen Masalah Strategis Seskoau Kolonel Tek Dr. Ari Sujatmiko, S.E., M.I.Pol. Selaku Kalakgiat dan turut hadir Waaskomlek Kasau Marsma TNI Dr. Penny Rajendra, S.T., M.Sc. Selaku Peninjau dan Mayor Tek Victor Julius Senjaya selaku pendamping dari Hublu Sintelau.

 

Hari pertama kedatangan, rombongan mengunjungi Kedutaan Besar Indonesia di Thailand dan diterima langsung oleh Dubes RI untuk Thailand Bapak Rachmat Budiman. Hari berikutnya, rombongan dibagi menjadi 5 Kelompok untuk mengunjungi beberapa tempat yaitu, RTAF _Air Command and Staff College_, RTAF _Space Operation Centre_, RTAF _Museum_, _Geo Informatics and Space Technology Development Agency_ (GISTDA) dan _Space Affairs Center Defence Information and Space Technology Departement_.

 

Adapun Narasumber dari kegiatan tersebut yaitu _Commander of RTAF Air Command and Staff College_ (ACSC) Air Vice Marshal Pruit Tugesuin, _Deputy Commander_ RTAF _Space Operation Center_ Group Captain Suppakorn Jittreekhun, _Director Military History & Museum Division Directorate Administrative Service_ RTAF Group Captain Annop Nongchana, _Executive Director_ Phakom Apapant, Ph.D., dan _Director SAC_ Air Vice Marshal Prasit Saengomek.

 

Hasil KKLN ini, selanjutnya, akan berupa naskah kajian akademis karya Pasis Seskoau Angkatan Ke-60 sebagai sumbangsih bernilai strategis dalam proses percepatan transfer pengetahuan dan teknologi guna mewujudkan TNI Angkatan Udara yang disegani di kawasan dalam mendukung program pemerintah menuju Indonesia maju. (JM)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *