TERUNGKAP…!!! Dua Bumdesma Kabupaten Sambas ,”BEMASALAH. RUGIKAN MASYARAKAT”.

Sambas Kalimantan Barat, Nusantara News 86.id.-Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDESMA) hadir sebagai “Usaha Bersama”,atau sebagai induk dari usaha BUMDesa yang ada di desa-desa .Hal ini masing- masing unit yang berdiri sendiri- sendiri ini diatur ,ditata sinerginya dengan BUMDesma agar tumbuh usahanya bersama .

“Sebagai lembaga sosial BUMDesa harus berpihak kepentingan masyarakat melalui kontribusinya dalam penyediaan Pelayanan sosial .Hal ini sesuai dengan tujuan pendirian suatu BUMDesma pada umumnya nyaitu ;
1.Meningkatkan perekonomian antar desa .
2.Meningkatkan pendapatan asli desa-desa .
3.Meningkatkan pengelolaan potensi antar desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat .
4.Menjadi tulang punggung pertumbuhan dan pemerataan ekonomi desa .

“Berdasarkan dari hasil Pantauan awak media Nusantara News 86 dua BUMDesma di Kabupaten Sambas .”BERMASALAH”,Dugaan kuat adanya PENYELEWENGAN dana anggaran Permodalan BUMDesma tersebut .Oleh Oknum Pengurus .

Seperti contoh BUMDesma Berkah Bersama Kecamatan Tebas ,awal Permodalan Rp 1.150.000.000 (Satu Miliar Seratus Lima Puluh Juta Rupiah) dari 23 (Dua Puluh Tiga) Desa se Kecamatan Tebas . Dugaan kuat R selaku Direktur BUMDesma Berkah Bersama Selewengkan Dana sekitar Rp 450.000. 000 (Empat Ratus Lima Puluh Juta Rupiah) jenis usahanya BUMDesma tersebut…..??? .

Bumdesma Gunung Gajah Kecamatan Pemangkat ,awal Permodalan Rp 300.000.000 (Tiga Ratus Juta Rupiah) dari 6 (Enam) Desa se Kecamatan Pemangkat , dan bantuan dari Kementerian Kelautan Dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia .Berupa satu unit Kapal Motor Nelayan ,dan Pabrik Es .Dugaan kuat “SARAT PENYEWENGAN” Oleh Oknum Pengurus BUMDesma tersebut , dan jenis usahanya…..??? .

Desas desusnya Kantor Cabang Kejaksaan Negeri (Kacabjari) Pemangkat ,melakukan Penyidikan terhadap Pengurus BUMDesma Gunung Gajah.Dugaan kuat adanya PENYELEWENGAN anggaran BUMDesma tersebut , mirisnya kelanjutan Yuridis nya hingga kini……??? .

Scritp Keterangan Mantan BKAD .

Agus warga Pemangkat ,selaku mantan Ketua Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) mengatakan kepada media Nusatara News 86 beberapa waktu lalu .”BUMDesma Gunung Tujuh Kecamatan Pemangkat tidak BERMASALAH , dan penyerahan Kepengurusan yang baru dari Kepolisian , Kejaksaan ,Instansi Pemerintah sudah mengetahuinya kalau BUMDesma Gunung Tujuh tidak BERMASALAH .Terkait bantuan Kapal Motor nelayan dari KKP RI sudah diperiksa oleh Kepolisian Daerah Metro Jaya, tidak BERMASALAH ,Ujarnya .

Lanjutnya Agus ,”Keberadaan BUMDesma Gunung Gajah saat ini PAKUM kegiatan hanya dari satu unit mobil dari permodalan awal dari 6 (Enam) Desa ,untuk menjual air bila cuaca tidak musim hujan lancar kendaraan mobil tersebut berada dipabrik Es dari bantuan KKP RI ,Pungkasnya .

“Sebagaimana tertuang didalam empat poin tujuan pendirian BUMDesma tersebut .Mirisnya BUMDesma Berkah Bersama dan BUMDesma Gunung Gajah Kabupaten Sambas ,diindikasi hanya untuk kepentingan Pribadi bukan kepentingan Masyarakat .

Selanjutnya awak media Nusantara News konfirmasi Iswahyudi selaku Kepala Bidang Pemberdayaan Desa .Via WhatsApp 0823 5386 xxxx tidak direspon dan diabaikan Ada,apa…??? .

BERSAMBUNG……..
Editor : EVI ZULKIPLI .

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *