Tanamkan Rasa Nasionalisme Dan Patriotisme Dikalangan Pelajar, Danramil 419-04/Nipah Panjang Berikan Materi Wawasan Kebangsaan di SMAN 3 Tanjab Timur

Tanjung Jabung Timur, nusantaranews86.id – Komandan Koramil 419-04/Nipah Panjang, Kapten Inf Zulkarnain S.H, lakukan kegiatan pemberian materi Wawasan Kebangsaan kepada kurang lebih 150 siswa dan siswi di SMAN 3 Kecamatan Nipah Panjang Kabupaten Tanjab Timur, Kamis (25/7/24).

Pemberian materi wawasan kebangsaan kepada kurang lebih 150 orang siswa/siswi yang terdiri dari anak-anak peserta didik baru atau kelas X dan OSIS tersebut meliputi penguatan nilai-nilai dan semangat kebangsaan (nasionalisme), jiwa patriotisme, empat pilar kebangsaan, etika dan sopan santun serta tata tertib di sekolah.

Wawasan kebangsaan yang diberikan, bertujuan membantu generasi muda untuk mengetahui sejarah dan budaya negara Republik Indonesia, serta menumbuhkan kembangkan sikap dan rasa nasionalisme terhadap bangsa.

Diawal acara, sebelum pemberian materi wawasan kebangsaan, Kepala Sekolah SMAN 3 Tanjab Timur, Patmi, S.Pt, M.Pd, menyampaikan dengan tegas kepada seluruh siswa dan siswi yang ada bahwa jargon SMAN 3 yaitu “Jiwa Muda Displin Dan Berprestasi”.

Selain itu, dirinya bersama keluarga besar SMAN 3 Tanjab Timur sangat menyambut baik kehadiran Danramil 419-04/Nipah Panjang dan mengucapkan terima kasih atas materi wawasan kebangsaan yang diberikan.

“Kami sangat berterima kasih kepada Bapak Danramil yang telah berkenan hadir dan memberikan materi wawasan kebangsaan di SMAN 3 Tanjab Timur, “tuturnya.

Kepsek berharap, kegiatan materi wawasan kebangsaan dapat menumbuh kembangkan jiwa nasionalisme dan patriotisme kepada seluruh siswa-siswi SMAN 3 Tanjab Timur agar kelak mereka mampu mengisi kemerdekaan dengan prestasi yang baik dan dapat menjaga persatuan dan kesatuan negara Republik Indonesia, “ujarnya.

Sementara itu, Kapten Inf Zulkarnain, S.H, dengan penyampaian semangat yang menggelegar, menekankan pentingnya wawasan kebangsaan bagi generasi muda. “Wawasan kebangsaan adalah fondasi yang harus dimiliki oleh setiap warga negara, terutama generasi muda yang kelak akan menjadi penerus bangsa.

Dengan memahami arti dan pentingnya wawasan kebangsaan, memahami fungsi dari empat pilar kebangsaan, etika dan sopan santun, serta tata tertib di sekolah, diharapkan siswa-siswi dapat berperan aktif dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan wawasan dan pemahaman yang lebih mendalam tentang pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, serta membentuk profil pelajar Pancasila yang berwawasan kebangsaan, berintegritas dan cinta tanah air.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *