Peringati Hari Lahir Pancasila Tahun 2024, Personel Seskoau Laksanakan Upacara

Lembang, nusantaranews86.id – Personel Seskoau dan segenap Perwira Siswa Seskoau melaksanakan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila dan bertindak selaku Inspektur upacara Wadan Seskoau Marsma TNI Tahyodi, S.A.P., bertempat di lapangan apel Widya Ambara Seskoau, Lembang Bandung Barat. Sabtu (1/6/2024).

Pada peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 ini mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. Tema ini dipilih untuk menggarisbawahi peran Pancasila dalam menyatukan bangsa Indonesia yang majemuk dalam hal suku, agama, budaya, dan bahasa, serta dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri, dan berdaulat.

Dalam pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (KBPIP) Republik Indonesia, Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D., yang dibacakan oleh Wadan Seskoau menyampaikan bahwa Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang pemandu kehidupan bangsa agar tetap sesuai dengan cita-cita pendirian negara. Pancasila mengandung nilai-nilai luhur seperti inklusivitas, toleransi, dan gotong royong, yang menjunjung tinggi keberagaman sebagai identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika”.

Lebih lanjut juga disampaikan bahwa, Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia.

KBPIP juga mengajak kepada seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni, dengan bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila serta juga mengajak seluruh komponen bangsa untuk mengarusutamakan Pancasila dengan metode dan cara-cara kekinian, terutama dalam menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa.

“Semoga Peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *