Pelabuhan Benoa Bali Di Kepung Kapal Perang Republik Indonesia

Denpasar, nusantaranews86.id – Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) tiba di Perairan Laut Bali, tepatnya di Pelabuhan Benoa yang disambut merplugh oleh Prajurit TNI AL dari Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Denpasar.

Dalam rangka pengamanan Forum Tingkat Tinggi (FTT) High-Level Forum on Multi Stakeholder Partnerships (HLF MSP), dan Indonesia Africa Forum (IAF) Ke-2 tahun 2024 tanggal 1 s/d 3 September 2024.

Kapal perang tersebut, terdiri dari KRI dr. Soeharso-990, dengan membawa material 44 unit Ran pendukung, KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat – 992, dengan material 67 unit Ran pendukung, KRI Banda Aceh-593 dengan material 119 Unit Ran pendukung, 4 unit sea rider, dan 2 unit Ambulance, KRI Teluk Cirebon-543 dengan material 10 Unit Ran pendukung.

Melaksanakan Debarkasi di Pelabuhan Benoa, sementara itu Satgasla PAM FTT IAF mengerahkan 3 KRI untuk mengamankan perairan Bali pada pagelaran kali ini, yakni KRI Ahmad Yani (351), KRI Raden Eddy Martadinata-331, dan KRI Untung Suropati-372 serta 742 prajurit yang terdiri dari staf Satgasla 80 orang, ABK KRI 407 orang, crew Helly 10 orang, Kopaska 45 orang, Penyelam 40 orang, tim kesehatan 10 orang dan KRI juga membawa serta Personel Paspampres.

“TNI AL melaksanakan pengamanan laut meng-cover seluruh Perairan Bali, gunanya untuk merespon segala kedaruratan, terutama yang mengarah pada gangguan dan ancaman terhadap pelaksanaan FTT HLF-MSP dan IAF 2024,” ujar Laksamana Pertama Teguh Prasetya S.T., M.M. yang juga selaku Komandan Satuan Tugas Laut (Dansatgasla).

Sementara itu Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Denpasar Bali, Kolonel Laut (P) Endra Kusuma S.T., M. Tr. Opsla., M.Han menyampaikan kedatangan Kapal Perang Republik Indonesia kali ini terbanyak kedua di tahun 2024, setelah pagelaran KTT WWF kemarin, Lanal Denpasar siap mendukung penuh dan ikut serta menjadi bagian dari kesuksesan HLF-MSP 2024 dan IAF ke-2 Tahun 2024 yang dilaksanakan di Bali. “Lanal Denpasar sebagai satuan pangkalan TNI AL di Wilayah Bali akan mendukung segala kebutuhan kapal-kapal perang (KRI) selama bergiat di Bali sesuai fungsi pangkalan 5 R yakni Rebase, Replenishment, Repair, Rest dan Recreation”. Ujar Danlanal.

Sumber : Dispen lanal Denpasar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *