Pastikan Kondisi Patok Perbatasan, Satgasmar Ambalat XXIX Laksanakan Patroli

Kalimantan Utara, nusantaranews86.id – Prajurit Pasmar 2 Korps Marinir TNI AL yang tergabung dalam Satgasmar Ambalat XXIX yang berada di Bawah Kendali Operasi (BKO) Guspurla Koarmada II melaksanakan Patroli Patok Perbatasan Indonesia – Malaysia di wilayah Sebatik, Nunukan, Kalimantan Utara. Jumat (21/07/2023).

Satgasmar Ambalat XXIX yang memiliki tugas pokok menjaga kedaulatan NKRI dan pengamanan serta mencegah pergeseran patok batas negara Indonesia dengan Malaysia secara rutin melaksanakan patroli, bertujuan untuk mengecek secara langsung kondisi dan keberadaan patok perbatasan guna memastikan titik koordinat sudah sesuai dengan data serta tidak mengalami pergeseran atau perubahan.

Komandan Satgasmar Ambalat XXIX Lettu Marinir Presly Brisky Musak, S.T.Han mengatakan, ada 20 patok batas negara Indonesia dengan Malaysia yang berada di darat maupun di laut yang menjadi tugas dan tanggung jawab Satgasmar Ambalat XXIX.

“Sudah kami periksa secara langsung, dan melaporkan kepada Satuan Atas bahwa patok tersebut tidak bergeser dari titik koordinat, Patok juga dalam kondisi baik,” jelas Lettu Marinir Presly Brisky Musak, S.T.Han.

Disampaikan juga bahwa selain memastikan posisi patok tidak bergeser, tim patroli juga bertugas mencegah tindak kejahatan penyelundupan barang illegal yang dikirimkan melalui jalur-jalur tikus yang sering terjadi di daerah perbatasan Indonesia-Malaysia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *