Pangkalan TNI AL Pulau Rote Ikuti Video Conference Peresmian KBN 2022 Secara Serentak di 68 Satuan Komando Wilayah

Rote Ndao, nusantaranews86.id – Pangkalan TNI AL (Lanal) Pulau Rote mengikuti Peresmian Kampung Bahari Nusantara (KBN) secara serentak di 68 Satuan Komando Wilayah TNI AL melalui _Video Conference_ bertempat di Desa Oeseli, Kecamatan Rote Barat Daya, Kabupaten Rote Ndao. Senin(15/5).

Kegiatan tersebut diresmikan secara terpusat oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Prof. DR. KH. Ma’ruf Amin bersama dengan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla, dengan tema *Kampung Bahari Nusantara TNI AL Siap Meningkatkan Produktivitas Untuk Transformasi Ekonomi Yang Inklusif Dan Berkelanjutan Bagi Masyarakat Maritim Yang Sejahtera*.

Dalam sambutannya Wapres Republik Indonesia menyampaikan program yang diusung oleh TNI AL tersebut sesuai dengan paradigma baru perdesaan yang berkembang secara global. Ia juga menyatakan sebesar 45% masyarakat global tinggal di pedesaan negara berkembang. “Saya menilai Kampung Bahari Nusantara merupakan bentuk nyata kehadiran dan kedekatan TNI AL dengan rakyat, sekaligus menjadi perwujudan komitmen TNI AL untuk membangun ketahanan wilayah maritim dari level desa, yang akan menyangga pertahanan negara,” ucap Wakil Presiden.

Program KBN berfokus pada 5 Klaster antara lain Klaster Pertahanan yang berujuan membuat masyarakat dapat diberdayakan sebagai komponen pendukung dalam pertahanan negara; Klaster Ekonomi yakni meningkatkan ekonomi masyarakat melalui kegiatan pembinaan kelompok masyarakat/Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan pendampingan; Klaster Edukasi, guna meningkatkan pengetahuan masyarakat desa melalui pembentukan rumah pintar sebagai wadah untuk mendapatkan pengetahuan dan informasi; Klaster Kesehatan, yakni meningkatkan kesehatan masyarakat desa melalui penyuluhan dan sosialisasi budaya hidup sehat dan peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat, tenaga kesehatan dan obat-obatan dan yang terakhir adalah Klaster Pariwisata, yakni bertujuan menciptakan desa agar dapat dijadikan destinasi pariwisata Khususnya wisata bahari dengan cara memelihara dan melestarikan Sumber Daya Alam (SDA) dan sumber daya buatan.

Komandan Lanal Pulau Rote Letkol Mar Nikodemus Balla, M.Tr.Opsla menandatangani batu prasasti peresmian KBN Lanal Pulau Rote di Desa Oeseli dan juga meninjau UMKM Rumah Tenun Desa Oeseli. Turut hadir dalam kegiatan tersebut yaitu Komandan Lanal Pulau Rote, Camat Rote Barat Daya, Kapolsek Rote Barat Daya, Kepala Desa Oeseli, Babinsa Koramil Batutua, Perwakilan Satgasmar Pamputer dan Tokoh Masyarakat Desa Oeseli.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *