Musrenbang Kecamatan Nipah Panjang, Infrastruktur Jalan Dan Pertanian Turut Menjadi Prioritas

Tanjung Jabung Timur, nusantaranews86.id – guna menyusun rencana pembangunan ditahun mendatang, Pemerintah Kecamatan Nipah Panjang Kabupaten Tanjung Jabung Timur – Jambi menggelar Musrenbang tingkat Kecamatan, Rabu (8/2/2022).

Dalam Musrenbang yang terlaksana digedung olahraga tersebut, terserap usulan yang berasal Desa maupun Kelurahan sebanyak 305 usulan perencanaan pembangunan di tahun anggaran 2024 mendatang.

Tampak hadir, Wakil Bupati Tanjab Timur H. Robby Nahliyansyah, Anggota DPRD Dapil 2 Kabupaten Tanjab Timur, para Forkopimcam, tokoh masyarakat, tokoh agama serta pihak terkait lainnya.

Camat Nipah Panjang Ulfi Rahmad S.Stp dalam sambutannya menyampaikan, sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 tahun 2017 tentang sistem perencanaan pembangunan daerah bahwa Musrenbang adalah forum musyawarah yang tujuannya guna menyusun rencana pembangunan yang dilakukan secara berjenjang mulai dari Desa dan Kelurahan, Kecamatan maupun Kabupaten serta Provinsi.

Sesuai dengan aturan tersebut, Pemerintah Kecamatan telah melaksanakan Musrenbang baik Musrenbang Desa maupun Musrenbang Kelurahan pada bulan Januari lalu, kemudian dalam Musrenbang tersebut menghasilkan 305 usulan yang terbagi dari 8 Desa dan 2 Kelurahan yang ada di Kecamatan Nipah Panjang.

Menurutnya, selain infrastruktur jalan yang menjadi prioritas ada beberapa sektor lain yang tidak kalah penting dan menjadi atensi khusus masyarakat yaitu menyangkut sektor pertanian, ” ujar Camat.

Dikecamatan Nipah Panjang, lanjut Camat, ada dua Desa yang dulunya merupakan lumbung padi dan menjadi kebanggaan Kecamatan Nipah Panjang bahkan Tanjung Jabung dan Jambi, dua Desa tersebut adalah Desa Sungai Raya dan Desa Simpang Datuk. Dari torehan hasil musim panen tentunya dua Desa ini perlu menjadi perhatian khusus, jangan sampai masyarakat petani padi justru beralih fungsikan lahan pertaniannya dikarenakan lahan pertanian dimana tempat mereka bercocok tanam sering diserang hama dan kurangnya akses jalan, “kata Camat.

Camat berharap, apa yang menjadi usulan pada Musrenbang yang tentunya sudah melalui proses dari tingkat bawah kiranya mendapat perhatian dan direalisasikan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *