Misi Pegase 2023, Kadispenau : Rafale Merupakan Pesawat Tempur yang Sulit Ditandingi untuk Pertempuran di Udara

Jakarta, nusantaranews86.id – Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma TNI R. Agung Sasongkojati mengungkapkan kecanggihan pesawat tempur Rafale yang sangat sulit ditandingi untuk pertempuran udara kepada sejumlah awak media, pada acara Misi Pegase Angkatan Udara Prancis di Terminal Selatan Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (26/7/2023).

Rafale memiliki daya dorong yang sangat baik, bisa terbang jarak jauh dan mampu membawa berbagai rudal dan senjata canggih, yang semuanya dikendalikan dengan radar yang terbaru.

Sementara Kepala Misi Pegase 2023, Letkol Henri mengatakan, misi Pegase 2023 merupakan misi strategis pertahanan Prancis, sekaligus proyeksi kekuatan udara Prancis. Kedatangan di Indonesia untuk memperdalam kerjasama dengan mitra TNI AU. Disebutkannya juga, bahwa Indonesia masuk sebagai tujuan strategis utama pada misi Pegase 2023.

Memasuki hari ke tiga Misi Pegase di Indonesia, pihak kedutaan besar Prancis mengundang awak media dari Indonesia untuk melihat secara langsung pesawat-pesawat AU Prancis (Rafale, A-400M dan A-330MRTT). Selain mendapat penjelasan tentang pelaksanaan Misi Pegase 2023, ratusan jurnalis di Indonesia juga diajak naik pesawat tanker A-330 MRTT dan berinteraksi dengan para pilot pesawat AU Prancis.

Selama seminggu Misi Pegase 2023 di Indonesia, Angkatan Udara Prancis mendatangkan enam pesawat tempur Rafale, empat pesawat transport A-400 M, dan tiga pesawat Tanker A-330 MRTT.

Prancis dan Indonesia telah menjalin kemitraan strategis sejak tahun 2011, yang diperkuat dengan penandatanganan kesepakatan kerja sama di bidang pertahanan pada tanggal 28 juni 2021. Kedua negara mempunyai komitmen dan kepentingan yang sama, baik dalam hal tantangan keamanan kawasan berupa perdamaian, stabilitas dan kemakmuran kawasan, serta kepatuhan pada hukum internasional, maupun tantangan global, seperti penangkapan ikan ilegal dan perubahan iklim.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *