MENGHARUKAN….!!! Karyawan PT CMI Site Sandai, Tewas Tersedot ke Dalam Pipa Over Flow 

Ketapang Kalimantan Barat, Nusantaranews86.id – Seorang karyawan Perusahaan Pertambangan Bauksit PT Cita Mineral Investindo (CMI) Site Sandai Kecamatan Sandai Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat tewas tersedot ke dalam pipa over flow BPP 5,6,7 area Kolam Sendimen 6 .

Foto karyawan yang meninggal akibat tersedot pipa over flow BPP 5,6,7 area kolam Sendimen 6 PT CMI Site Sandai

Peristiwa kecelakaan tersebut, yang merenggut nyawa karyawan bernama Yd selaku Pengawas PT CSK terjadi pada hari Selasa (21/12/2022) pukul 09.30 WIB.

Terindikasi Perusahaan Pertambangan Bauksit PT Cita MIneral Investindo (PT CMI) Site Sandai melanggar tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), pasalnya di area kolam Sendimen 6 lokasi Korban Yd tersedot tidak diberikan Keamanan Keselamatan Pengawas Pekerja .

Definisi, Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) sesuai diatur di dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 50 Tahun 2012 .

“Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) sebuah ilmu untuk antisipasi , rekoginis ,evaluasi dan pengendalian bahaya yang muncul di tempat kerja yang dapat berdampak pada Kesehatan dan Kesejahteraan Pekerja serta dampak yang mungkin bisa dirasakan komunitas dan lingkungan umum “.

Berdasarkan informasi yang didapatkan awak Media Nusantara News 86 ,”Berawal pada Pukul 09. 30 Wib Pengawas bernama M.Ibnu H Jabatan Act Foreman PT CMI dan Hendra Jabatan Crew PT CMI melakukan Pengaturan Over Flow dari Kolam 6 ke Kolam 7 kemudian Korban bernama Yd yang saat itu sedang mandi ke arah samping sumur pondok, namun melihat Ibnu dan Hendra melakukan pengaturan sehingga berinisiatif untuk membantu. Akan tetapi Korban Yd terpeleset sehingga tersedot ke dalam Pipa Over Flow .

Selanjutnya, team yang ada segera menutup Pipa Over Flow dan langsung melakukan Pencarian Korban Yd .Setelah kurang lebih 25 Menit (dua puluh lima menit) Korban Yd ditemukan dalam Kondisi lemas langsung dibawa ke Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Sandai .

Namun begitu sampai di Puskesmas Kecamatan Sandai , sekitar Pukul 11.00 Wib dari hasil diagnosa / Pemeriksaan Dokter Korban Yd sudah tidak dapat tertolong lagi .Dokter menyatakan Korban Yd sudah meninggal .

 

Script Keterangan Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Sandai .

Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Sandai Kepolisian Resor (Polres) Ketapang IPTU Ryando Ervandes Lubis, S. Tr. K via WhatsApp mengatakan ,”Ya benar ada Laka Kerja yang mengakibatkan Karyawan meninggal. Namun untuk penyebab dsb, kami dari Kepolisian masih mendalami. Korban Yd berasal dari Palembang Sumatera Selatan (Sumsel) dan Jenazah sudah diantar ke kampung halamannya, ujarnya .

 

Script Keterangan Perusahaan PT Cita Mineral Investindo (PT CMI) Site Sandai Kabupaten Ketapang .

Kemudian Awak Media Nusantara News 86 Konfirmasi Budi Setyono selaku Manager PT CMI Site Sandai Kecamatan Sandai Kabupaten Ketapang .Via WhatsApp 0821 4088 xxxx hingga sampai naik ke Pemberitaan Budi Setyono selaku Manager PT CMI Site Sandai tidak dapat memberikan keterangan .

 

Jurnalis : EVI ZULKIPLI .

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *