Mengenang Pertempuran Laut Aru, Lantamal XII Gelar Upacara Hari Dharma Samudera

Mempawah, Nusantaranews86.id – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XII Laksamana Pertama TNI Agoeng MKS berlaku sebagai Inspektur Upacara memperingati Hari Dharma Samudera di Dermaga Mako Lantamal XII. Jl. Wajok Hilir km. 17 Kabupaten Mempawah Kalimantan Barat, Senin (15/01/2024).

Hari Dharma Samudera diperingati untuk mengenang sejarah pada 15 Januari 1962 silam, peristiwa heroik Angkatan Laut Indonesia yang disebut pertempuran Laut Aru.

Bacaan Lainnya

Upacara ini diperingati untuk menghormati dan menghargai jasa- jasa para pahlawan yang telah gugur dalam menegakan NKRI.

Dalam amanat Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali yang dibacakan oleh Irup menyampaikan Pertempuran Laut Arafuru 15 Januari 1962 menjadi coretan tinta emas dalam lembar sejarah perjalanan bangsa Indonesia.

“Peristiwa heroik tersebut bukan hanya sekedar peringatan sejarah, melainkan perwujudan semangat rela berkorban. Perjuangan mereka dalam memperjuangkan kepentingan negara diatas segalanya, tidak hanya menyingkap sejarah kejayaan bangsa maritim, namun menyiratkan betapa nilai-nilai luhur kepahlawanan merupakan jati diri sejati prajurit matra laut,” tambah Irup.

Setelah upacara selesai dilanjutkan kegiatan pelarungan karangan bunga dan penaburan bunga oleh Inspektur upacara ke Sungai Kapuas yang diikuti para Pejabat Utama, Kadis dan Kasatker Lantamal XII.

Sumber Dispen Lantamal XII Pontianak.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *