Maulid Nabi Muhammad, MABM Ketapang Gelar Pawai Budaya

Ketapang, Nusantaranews86.id – Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) Kabupaten Ketapang Kamis (28/09/23), menggelar Pawai Budaya dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad saw 12 Rabiul Awal 1445 Hijriah, atau bertepatan hari Rabu 28 September 2023.

Pawai Budaya yang dimulai pukul 07.00 wib itu dilepas oleh Sekretaris MABM Ketapang M Febriadi, S.Sos, M.Si, bergerak dari halaman Masjid Al Ikhlas dan melalui (rute) Jalan DI Panjaitan, Jalan R Suprapto, Jalan MT Haryono, Jalan Merdeka, Jalan Dr. Sutomo Jalan Jendral Sudirman dan selanjutnya finish di Halaman Kantor Bupati Ketapang.

Giat Pawai tersebut mengarak Astagune Raksasa berkeliling kota Ketapang dalam parade mobil hias Perahu Lancang Kuning, diringin mobil hias Petinggi MABM, OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Ketapang, Ormas dan sejumlah mobil hias dari berbagai stackholder serta ratusan sepeda hias pelajar dan sepeda motor warga.

Guna menyukseskan dan memeriahkan acara, panitia menyajikan atraksi drumband dari berbagai sekolah, pembacaan syair gulung, tarian daerah dan kegiatan seni lainnya. Selanjutnya para panitia membagikan telur dan nasi kuning yang ada di Astagune Raksasa, yang juga bagian dari acara Gawai Budaya.

Pantauan di lapangan, masyarakat Ketapang antusias dan tumpah ruah turun ke jalan menyaksikan Pawai Budaya. Sekali-kali terlihat peserta Pawai dari dalam mobil hias melambaikan tangan dan membagikan permen kepada warga.

Sebelum membubarkan diri, peserta Pawai mengikut kegiatan serimonial di halaman Kantor Bupati Ketapang. Dan secara keseluruhan, kegiatan Gawai Budaya yang diprakarsai MABM ini berjalan sukses, aman, tertib dan lancar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *