Luar Biasa, Tim SAR Lanal Ketapang Sigap Melakukan Evakuasi ABK Kapal Tenggelam di Perairan Laut Kendawangan

Ketapang Kalimantan Barat, nusantaranews86.id – Lagi lagi Tim SAR Pangkalan TNI AL Ketapang (Lanal Ketapang) berhasil menyelamatkan 8 (delapan) Anak Buah Kapal (ABK) kapal TB. Sinar Pawan I yang tenggelam dihantam gelombang diperairan laut Kendawangan ,saat akan berlayar kembali dari laut menuju Kelampai .Pada hari Minggu (12/02/2023).

Berdasarkan keterangan yang diperoleh dari salah satu ABK yang selamat bernama Teguh selaku Mualim 2 .Kapal yang beranggota 10 (sepuluh) Anak Buah Kapal (ABK) yang bermuatan Tongkang kosong dihantam gelombang setinggi 3 meter disertai angin dan hujan lebat sehingga membuat kapal tidak stabil dan seketika tali Tongkang putus selanjutnya tidak lama kemudian TB. Sinar Pawan I terbalik dan tenggelam .

“Pada saat kapal sudah hampir terbalik kami semua terjun ke laut untuk menyelamatkan diri ,namun masih ada tersisa dua orang yang masih berada di dalam kapal” ucap Teguh .

Dengan nada suara yang berat dan kesedihan yang mendalam Teguh berharap kedua rekannya segera dapat ditemukan dalam keadaan selamat “Kami sangat berharap Kapten kapal ,dan rekan kami dapat segera ditemukan dalam keadaan selamat ” harapnya.

Kejadian berawal ketika Posal Kendawangan pada hari minggu (12/02/23) pukul 11.30 WIB menerima Informasi melalui Radio bahwa TB. Sinar Pawan I tenggelam di perairan laut Kendawangan. Setelah menerima informasi, Pjs. Danposal Kendawangan Lettu Laut (T) Edy Purnomo melaporkan kejadian tersebut kepada Komandan Lanal Ketapang Letkol Laut (P) Bambang Nugroho, M.Tr Opsla selanjutnya Danlanal Ketapang memerintahkan untuk melaksanakan Search and Rescue (SAR).

Kegiatan SAR dan Evakuasi dilaksanakan menggunakan RHIB Lanal Ketapang, TB. Pioneer 18 dan TB. Citra Makmur 235 milik PT. Harita dan 8 orang korban berhasil dievakuasi kemudian ABK dibawa menuju Posko SAR Lanal Ketapang di Posal Kendawangan guna pendataan dan pemeriksaan kesehatan.

Upaya pencarian 2 orang korban terus dilaksanakan. Hari ini (Senin, 13/02/2023) Pukul 05.30 WIB Tim SAR gabungan yang terdiri dari Lanal Ketapang, Posal Kendawangan, Basarnas Ketapang, Pol Airud Kendawangan dan beberapa perwakilan perusahaan masih terus berupaya melaksanakan penyisiran dan pencarian sampai dengan waktu yang telah ditetapkan. Tim satgas SAR juga menghimbau kepada masyarakat sekitar/masyarakat nelayan apabila menemukan/mengetahui adanya korban kapal yang tenggelam segera melaporkan, sehingga segera dapat dievakuasi.

Danlanal Ketapang sangat mengapreasi kerja keras tim SAR gabungan yang telah menemukan para korban laka laut tersebut dan akan tetap mengerahkan unsur SAR gabungan untuk terus berperan aktif dalam memberikan bantuannya dan pelayanan kepada masyarakat sekitar, karena hal tersebut sudah merupakan perintah dari Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali yakni dimanapun TNI AL berada harus memberi manfaat kepada rakyat dan cepat tanggap terhadap permasalahan dan kesulitan rakyat.

Sumber : Penlanal Ketapang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *