LSM TINDAK Mendesak KPK RI Melakukan Telaah Special “INVESTIGASI KHUSUS”

Mempawah, Nusantaranews86.id-

Yayat Darmawi, SE.,SH.,MH menuturkan.” Proyek Pekerjaan Pembangunan Penyediaan Air Baku Pelabuhan Kijing Dan Sekitarnya berlokasi Kecamatan Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah,Kalbar.

Bersumber dana anggaran APBN TA 2022 senilai Rp 19 miliar lebih benar-benar sangat mengecewakan dari harapan masyarakat. Kabupaten Mempawah.

 

Proyek SPAM ini tidak kunjung bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Karena proyek yang tak bisa dirampungkan hingga sekarang,” ungkap Yayat Darmawi SE.,SH.,MH Koordinator Tim Investigasi Dan Analisis Corruption (TINDAK)

 

Yayat Darmawi pun menilai, pengerjaan proyek SPAM tersebut, bisa terjadi amburadul. Diduga dari awal saat ditetapkannya PT.Somba Hasbo KSO PT. Taman Keraton Mulia sebagai pemenang hingga awal pelaksanaan pekerjaan sudah kacau balau (semraut).

 

Informasi yang kita terima bahwa, banyak pihak yang terlibat didalam Proyek Pekerjaan Pembangunan Penyediaan Air Baku Pelabuhan Kijing Dan Sekitarnya Kab.Mempawah, Kalbar.

 

Dimana ada keterlibatan Mr. R sebagai kuasa Direktur, Mr. E salah satu oknum PNS dari salah satu Instansi Pemerintah dari Kabupaten Mempawah, yang bertemu dengan (almh) HS dirut PT.Somba Hasbo sebelum meninggal di Jakarta.

 

Pada saat itu PT.Somba Hasbo KSO PT. Taman Keraton Mulia belum ditetapkan sebagai pemenang dan kontrak, dan pada saat dalam masa pengurusan kontrak, HS dirut PT.Somba Hasbo meninggal dunia yang kemudian kontrak pekerjaan tersebut ditanda tangani oleh dirutnya yang baru AS.

 

Selain itu, kami juga mendapatkan informasi bahwa, pengurus PT. Taman Keraton Mulia yang menjadi KSO PT.Somba Hasbo memiliki hubungan didalam kepengurusan CV. AKY, CV.AWAP.

 

Maka kami dari Lembaga Tim Investigasi Dan Analisis Corruption (TINDAK) Kalimantan Barat, meminta serta mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK RI) untuk dapat melakukan Telaah special “INVESTIGASI KHUSUS”.

 

Terhadap Proyek Pekerjaan Pembangunan Penyediaan Air Baku Pelabuhan Kijing Dan Sekitarnya Kabupaten Mempawah. Bila perlu dilakukan Pemeriksaan secara Yuridis terhadap pekerjaan dimaksud, dikarenakan pekerjaan tersebut dibiayai dari keuangan Negara,”tegas Yayat.

 

Dari persfektive hukum bahwa indikasi curang dan bermasalahnya kegiatan proyek pekerjaan pembangunan penyediaan air baku pelabuhan kijing dan sekitarnya sudah layak, untuk dinaikkan menjadi kasuistis Korupsi.

 

Karena Unsur unsur kejahatannya sudah terpenuhi yaitu tidak terselesaikannya kegiatan proyek tersebut dan karena alasan bermasalah secara Hukum dengan menghilangkan item kegiatan dengan sengaja,” sebut yayat lagi.

 

Melihat situasi yang semakin tidak kondusive terkait dengan santernya masalah yang muncul di Proyek Pekerjaan Pembangunan Penyediaan Air Baku pelabuhan kijing Kabupaten Mempawah, mesti segera di jawab secara Hukum dalam bentuk Di Prosesnya secara Litigasi siapapun yang terlibat didalam Rangkaian Kejahatannya, “pinta yayat dengan tegas.

 

Penulis : Evi Zulkipli.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *