Lanal Ketapang Melaksanakan Pelarungan Bunga Dalam Rangka Peringatan Hari Dharma Samudra 2024

Ketapang, Nusantaranews86.id –Tanggal 15 Januari merupakan sejarah TNI Angkatan Laut yang setiap tahunnya selalu diperingati, sebagai sejarah Hari Dharma Samudera untuk mengenang pertempuran Laut Arafuru.

Dimana yang kita kenal dengan tokoh Josepath Soedarso atau lebih akrab dikenal dengan Jos Soedarso yang gugur beserta awak kapalnya dalam pertempuran laut tersebut.

Bacaan Lainnya

Prajurit Pangkalan TNI Angkatan Laut Ketapang, Kalbar, menghormati jasa para pahlawan tersebut, dengan melaksanakan Upacara Pelarungan Bunga dalam Rangka Hari Dharma Samudra Tahun 2024, dimulai pada hari Senin (15/01/2024) pukul 09.00 Wib.

Yang bertempat di Dermaga III PTP Perintis Pelindo Ketapang, jalan Gajah Mada Desa Sukabangun, Kecamatan Delta Pawan Kabupaten Ketapang, Kalbar.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Hari Dharma Samudra Tahun 2024. Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Ketapang , Kalimantan Barat, (Dan Lanal) Ketapang, Kalbar, Letkol Laut (P) Ivan Halim, S.H., M.Tr. Opsla mengatakan.”Upacara Pelarungan bunga ini merupakan bentuk penghormatan atas jasa dan perjuangan para pahlawan yang gugur ketika mempertahankan keutuhan kemerdekaan NKRI”.

Serta merupakan sejarah heroik bagi TNI AL. Seperti yang disampaikan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla. yang ada pada amanatnya “Pertempuran Laut Arafuru 15 Januari 1962 menjadi coretan tinta emas dalam lembar sejarah perjalanan bangsa Indonesia”.

“Maka dari itu kita sebagai prajurit TNI AL yang sekarang ini harus meresapi dan menanamkan semangat kepahlawanan,” sebut Letkol Laut (P) Ivan Halim, S.H.M.Tr. Opsla.

Petugas Upacara acara Pelarungan bunga dalam Rangka Hari Dharma Samudra Tahun 2024 di Dermaga PTP Perintis Pelindo Sukabangun Kabupaten Ketapang;

1.Pa.Up : Kasatkom Lanal Ketapang, Letda Laut (E) Yusuf Endrian.
2.Dan Up : Paur Idik Denpom Lanal Ketapang, Letda Laut (PM) Iwan Supriyadi.

Turut hadir Peserta Upacara ;
1.Ton. Perwira Lanal Ketapang.
2.Ton. Bintara Lanal Ketapang.
3.Ton. Tamtama Lanal Ketapang.
4.Ton. Jalasenatri Lanal Ketapang.

Upacara Pelarungan karang Bunga dalam rangka Peringatan Hari Dharma Samudra Tahun 2024 selesai dilaksanakan dengan keadaan kondisi aman.

Sumber : Dispanal Lanal Ketapang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *