Lanal Ketapang Bersama Basarnar Selamatkan Penumpang Kapal Express Akibat Kandas

Ketapang, Nusantaranews86.id – Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Ketapang melalui Pos Angkatan Laut (Posal) Delta Pawan bersama Basarnas Kabupaten Ketapang memberikan pertolongan kepada penumpang dan kru Kapal SB Bintang Rizki Express 99 akibat kandas, Senin 17 April 2023 siang.

Kapal naas yang sedang berlayar mengangkut penumpang dari Ketapang menuju kota Pontianak itu harus terhenti dan kandas tepat koordinat koordinat 1° 45’ 238″ S – 109° 55′ 597″ E sekitar 3 Mil laut dari Pos SAR Ketapang.

Bacaan Lainnya

Pada saat kandas diterangkan, Bintang Rizki Express 99 itu di Nakhodai Suyitno (L) bersama 5 kru kapal lainnya,  terdari dari Yohanes Kanisius Open (L) sebagai KKM, Jon Azmi (L) Juru Mudi  Syamsul (L) Juru minyak, Rayhan Novandi (L) dan Usup (L) selaku ABK. Kapal tersebut sedang mengangkut 65 orang penumpang terdiri dari 50 orang dewasa dan 15 orang anak anak.

Sesuai data didapat, SB Bintang Rizki Express 99 berbendera Indonesia, berukuran bobot 24 GT. Sebagai Agen pelayaran adalah PT Restu Bersama Harya Pratama Cabang Ketapang, dengan Surat Persetujuan Berlayar : No : R4/KSOP IV/44/IV/2023 tanggal 16 April 2023.

Danposal Delta Pawan Letda Laut (P) M Ridwan mengatakan kronologi penyelamatan berawal salah seorang penumpang menghubungi Posal Delta Pawan untuk dilaksanakan pertolongan penyelamatan (SAR), pukul 12.25 wiba.

Dimana menurut penghubung, kapal Express yang sedang ia tumpangi itu sedang kandas dan  terjadi pukul 12.00 wiba dengan situasi kapal banyak membawa penumpang termasuk anak-anak. Para ABK waktu itu dijelaskan penghubung sudah berupaya untuk melepaskan kapal dari kandas namun gagal, sementara air laut semakin menyurut.

Mendengar laporan tersebut selanjutnya Danposal menginformasikan kepada Basarnas Ketapang dan sekitar pukul 13.00 wiba mereka secara bersama yang tergabung dalam Tim SAR Ketapang, terdiri dari Pers Posal Delta Pawan dan Personel Pos Airud menuju ke TKP untuk memberikan pertolongan dan langsung melaksanakan evakuasi.

“Tim SAR bergerak mengevakuasi  seluruh penumpang selanjutnya dibawa ke Kantor Basarnas Ketapang,” kata M Ridwan, Senin (17/04/23) sore.

Tim Penyelamat serta seluruh penumpang tiba di jeti SAR sekitar pukul 14.15 wib. Selanjutnya dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh KKP Ketapang dan penyerahan kepada Keagenan kapal.

“Alhamdulillah para penumpang selamat semua dan Insya Allah berdasarkan info yang saya terima kapal Express akan berangkat kembali besok (Selasa 18 April 2023) pukul 6 pagi,” sambung Ridwan.

Berdasarkan keterangan saksi penghubung atau pelapor, kandasnya kapal SB Bintang Rizki Express 99 diduga karena Nakhoda kurang berhati-hati dalam membaca pasang surut dan tanda-tanda atau rambu navigasi sebagai petunjuk kapal keluar masuk alur Delta Pawan.

Untuk itu pelapor berharap ke depannya agar tidak terulang lagi, pihak Keagenan dan kapten kapal harus lebih waspada lagi terutama dalam memperhatikan rambu-rambu alur pelayaran, sehingga tidak ada kejadian kecelakaan kapal kandas serupa.

Adapun mereka (personel) yang tergabung Tim SAR tersebut adalah Personel Posal Delta Pawan, Pos SAR Ketapang, Pol Airud, KPLP dan Masyarakat Nelayan Desa Sukabangun.

“Kegiatan penyelamatan berjalan aman dan lancar dan sekitar pukul 14.30 wib kegiatan SAR dinyatakan selesai,” pungkas Ridwan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *