Lagi, Pasar Sambas Dilalap Si Jago Merah

Sambas, Nusantaranews86.id – Setidaknya ada 14 Ruko (Rumah Toko) di pasar Sambas Jalan Gusti Hamzah Desa Pendawan Kecamatan Sambas-Kalbar dilanda kebakaran pada Senin 10 Juni 2024 malam, sekitar pukul 18.15 wib.

Kapolres Sambas melalui Kasie Humas AKP Sadoko Kasih menjelaskan, kebakaran berawal adanya kepulan asap dari ruko atau bangunan Toko Dunia Alumunium Sambas yang selanjutkan bangunan Toko tersebut mengeluarkan api besar (terbakar).

Akibatnya, api yang telah membesar itu menjalar ke bangunan ruko lainya yang masih berada dalam satu blok sehingga mengakibatkan bangunan Ruko lainya turut terbakar.

Bacaan Lainnya

“Jumlah ruko yang terbakar ada14 pintu, dan tingkat kebakaran semuanya rata-rata mencapai 100%. Untuk sementara polisi belum mengetahui penyebab kebakaran, diperlukan upaya penyelidikan lebih lanjut,” kata Sadoko Kasih pada awak media.

Adapun toko-toko yang terbakar berhasil diidentifikasi adalah Toko Andalas, Toko Mandiri, Toko aluminiu, Toko Andalas Grosir, Toko Sempurna, Toko Sinar Mas, Toko Mas Itali, Toko Lion, Toko Lemon, Toko Cemerlang, Toko Bintang Timur, Toko Yasonta, Toko Kilat dan Toko Star motor.

Dihimpun dari berbagai sumber, si jago merah itu dengan cepat menjalar ke sisi kiri dan kanan dari bangunan Ruko Dunia Aluminium yang diduga sebagai sumber api.

Api dapat dijinakkan beberapa jam kemudian setelah otoritas setempat mengerahkan kekuatan penuh menurunkan mobil pemadam kebakaran.

Dalam aksi tersebut mereka (otoritas setempat) dibantu masyarakat dan sejumlah mobil pemadam kebakaran dari luar daerah seperti Kecamatan Tebas, Semparuk dan pemangkat.

Salah seorang warga Sambas Eryadi ketika dihubungi media ini via ponsel mengatakan, kebakaran di pasar Sambas itu untuk kesekian kalinya setelah beberapa tahun (waktu) lalu pernah terjadi kebakaran serupa.

“Saat ini pemadam kebakaran sedang melakukan pendinginan, guna memastikan tidak ada bara atau api api kecil tersisa yang bisa memacu kebakaran,” ujarnya, Selasa (11/06/24).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *