Kunjungi Kerinci, Romi Hariyanto Merasa Terpanggil Turut Bagian Dalam Pelestarian Budaya

Kerinci – Jambi, nusantaranews86.id – Mata Romi Hariyanto berkaca-kaca terlihat ada haru di wajahnya. Dia merasa tertegun dan kagum dengan penggiat seni dan peninggalan sejarah yang ada di bumi Sakti Alam Kerinci.

Bakal calon Gubernur Jambi 2024 ini merasa terpanggil ingin ikut menjadi bagian dalam pelestarian budaya di Kerinci.

Bupati Tanjung Jabung Timur dua periode tersebut menghabiskan satu minggu di Kerinci untuk mengunjungi langsung perihal budaya dan sejarah di Kerinci.

Dalam kunjungan kali kesekian di Kerinci itu, Romi Hariyanto menjumpai tiga maestro berkelas nasional, sudah lalu lalang lintas internasional serta mendapatkan penghargaan daerah hingga nasional.

Mengunjungi musium Ismail Zakaria, menemui Tino Maryam pelantun Tale, menjumpai penggiat rentak kudo serta bertemu dengan Sumirna penggiat Sike Rabbana.

Mengunjungi musium Ismail Zakaria banyak peninggalan sejarah yang langka. Peninggalan-peninggalan tersebut berusia ratusan hingga ribuan tahun yang lalu.
Banyak koleksi yang dilihat mulai dari senjata, uang kuno hingga keramik peninggalan dinasti Tang Cina.

Tempat ini menjadi tempat penelitian dan riset tentang budaya Kerinci. Semasa hidupnya, Ismail Zakaria pernah mendapatkan musium rekor dalam menulis alquran terpanjang, lalu di tempat Tino Maryam pelantun Tale khas Kerinci. Meski terbilang sudah berusia senja, namun wanita ini masih terlihat bersemangat.

Mendengar suaranya yang melengking tinggi, membuat merinding siapapun yang mendengarkan.
Tino Maryam juga mendapat gelar maestro dan beberapa kali terlibat dalam gelaran budaya dan pariwisata hingga tingkat nasional.
Di tempat Sumirna penggiat Sike Rabbana. Dari Sike rabbana ini dia pernah dipanggil hingga ke Singapura dan Malaysia.
Kini dia menularkan budaya ini pada generasi muda yang ikut bersemangat belajar.

Bagi Romi Hariyanto orang-orang seperti mereka seperti halnya pahlawan, mereka yang merawat dan menjaga peninggalan budaya dan harus dilestarikan hingga ke anak cucu.

“Harapan kita mereka harus terus berkembang dan melestarikan hingga ke generasi penerus agar budaya ini tak cepat hilang, ” Ujarnya.
Romi Hariyanto sendiri mengakui dirinya adalah pecinta budaya dan peninggalan sejarah, sudah banyak musium dia kunjungi dan banyak pula peninggalan sejarah yang sudah dilihat.
” Namun kali ini banyak yang belum saya ketaui, seperti peninggalan sejarah di musium Ismail Zakaria, ” Katanya.
Dia mengatakan mereka bukan hanya kebanggaan bagi daerah Kerinci, atau bahkan Provinsi Jambi saja, tapi juga menjadi kebanggaan bagi bangsa Indonesia. Bangsa ini beragam budaya dan sejarah maka harus dilestarikan.
” Semua kita harus bangga karena mereka bukan untuk Jambi saja tapi juga Indonesia bahkan dunia, ” Katanya.
Romi Hariyanto juga bangga dengan mereka yang terus mengajari generasi muda yang mau belajar tentang sejarah.
” Orang seperti ini wajib diberikan reward karena telah menjaga kelestarian budaya, “katanya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *