Kobarkan Semangat Nasionalisme Dan Patriotisme, Danramil 419-04 Nipah Panjang Berikan Materi Wawasan Kebangsaan di SMAN 1 Tanjab Timur

Tanjung Jabung Timur, nusantaranews86.id – Komandan Koramil 419-04/Nipah Panjang, Kapten Inf Zulkarnain, S.H lakukan pemberian materi wawasan kebangsaan kepada kurang lebih 300 orang siswa/siswi Kelas X dan OSIS SMAN 1 Kecamatan Rantau Rasau Kabupaten Tanjab Timur Provinsi Jambi, Kamis (25/7/2024).

Pentingnya pemberian materi wawasan kebangsaan, agar mampu menumbuh kembangkan jiwa nasionalisme dan patriotisme kepada generasi muda serta untuk mengetahui sejarah dan sejauh mana pentingnya peranan para pemuda dalam meraih kemerdekaan Republik Indonesia.

Dikalangan pelajar, pemberian materi wawasan kebangsaan meliputi penguatan nilai-nilai dan semangat kebangsaan (nasionalisme), jiwa patriotisme, empat pilar kebangsaan, etika dan sopan santun serta mematuhi tata tertib di sekolah.

Giat pemberian wawasan kebangsaan oleh Danramil 419-04/Nipah Panjang tersebut, diawali dengan pembacaan Do’a, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan disambut antusias para peserta didik SMAN 1 Tanjab Timur.

Komandan Koramil 419-04/Nipah Panjang Kapten Inf Zulkarnain, S.H dengan semangat jiwa prajuritnya menyampaikan, pentingnya wawasan kebangsaan bagi para generasi muda bangsa, karena wawasan kebangsaan adalah fondasi yang harus dimiliki oleh seluruh warga negara. Sikap, jiwa nasionalisme dan patriotisme harus tumbuh dalam diri generasi muda yang kelak akan menjadi penerus dalam mengisi kemerdekaan yang telah diraih.

Dengan memahami arti dan pentingnya wawasan kebangsaan, artinya para generasi muda akan mampu mencintai tanah air NKRI, yang diharapkan dapat menjadi siswa dan siswi yang mampu menjalankan etika dan sopan santun, tata tertib disekolah serta dapat berperan aktif dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Harapannya, kegiatan wawasan kebangsaan yang telah dilaksanakan akan mampu memberikan wawasan dan pemahaman tentang pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan, terciptanya generasi muda berintegritas dan cinta tanah air serta membentuk profil pelajar Pancasila yang berwawasan kebangsaan.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 1 Tanjab Timur, Nurkholis Huda, S.MPd mengucapkan terima kasih atas materi wawasan kebangsaan yang diberikan oleh Komandan Koramil 419-04/Nipah Panjang.

Kepsek berharap, dengan kegiatan wawasan kebangsaan yang diberikan akan dapat menumbuh kembangkan profil pelajar Pancasila, yang memiliki jiwa nasionalisme dan patriotisme serta dapat mengisi kemerdekaan dengan prestasi yang menjulang, menjaga nama baik sekolah dan dapat menjaga persatuan dan kesatuan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *