Kampanye Udara Di Setiap Level, Latihan Angkasa Yudha Tahun 2022 Tunjukkan Kapabilitas Tempur TNI

Bandung Barat, nusantaranews86.id – Latihan Angkasa Yudha tahun 2022 telah menunjukan sejauh mana kapabilitas komando dan satuan tempur TNI Angkatan Udara dalam merancang secara strategis dan taktis, termasuk pelaksanaan kampanye udara di setiap levelnya.

Hal tersebut disampaikan Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA., saat menutup Latihan Angkasa Yudha tahun 2022 secara daring dari Puskodalau Mabesau, Cilangkap, Jakarta Timur dan dihadiri secara daring oleh Danseskoau Marsda TNI Minggit Tribowo, S.I.P., Waitjenau Marsma TNI Dedy Ghazi, Kadisopslatau Marsma TNI Jatmiko Adi, dan Pa Sahli Tk. II Intekmil Sahli Bidang Intekmil dan Siber Panglima TNI Marsma TNI Easter Haryanto, dan para peserta latihan di Gedung Widya Yudha, Pusoyu Seskoau, Lembang, Bandung Barat. Jumat (2/12/2022).

Latihan tahun ini, lanjut Kasau, untuk pertama kalinya memainkan tiga skenario operasi secara simultan pada ketiga Komando Operasi Udara (Koopsud) dengan sifat satu pihak dikendalikan yang merupakan historic achievements yang mampu dijawab dengan baik oleh Kodiklatau dan Koopsudnas.

Menurut Kasau, skenario yang dijalankan telah mendorong TNI Angkatan Udara untuk mengetahui batas kemampuan dan belajar memperbaikinya sehingga semakin matang dalam menyusun grand strategy berskala nasional yang berfungsi untuk menjamin kedaulatan serta kekuatan udara di seluruh penjuru tanah air dan angkasa Indonesia.

Lebih lanjut mengenai Proses Pelaksanaan Operasi Udara (P2OU), Kasau menilai dapat dilaksanakan dengan semakin baik dan mekanismenya telah teruji secara komprehensif sebagai ciri khas kampanye matra udara, sehingga hasil latihan ini memberikan masukan yang sangat berharga bagi organisasi.

Penulis : JM.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *