Innalillahi Wa’innailayhi Roji’un… Selamat Jalan Tuan Guru KH. Darwin Lubis, Surga Allah SWT Menanti

Innalillahi Wa’innailayhi Roji’un… Salah satu Tokoh Agama, Tuan Guru dan Ulama besar TanjabTimur yang beralamat di Kecamatan Nipah Panjang Kabupaten Tanjung Jabung Timur ( TanjabTim) Provinsi Jambi, Tuan Guru KH.Darwin Lubis telah meninggal dunia mendahului kita semua menghadap Sang Pemilik Kehidupan pada usia 70 tahun, Rabu (25/01/2023).

Beliau menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Umum Raden Mattaher Provinsi Jambi sekira pukul 18.15 WIB, dan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum ( TPU ) Kelurahan Nipah Panjang 2 Kecamatan Nipah Panjang.

Masyarakat Nipah Panjang khususnya merasa kehilangan sosok Ulama yang kharismatik, bersahaja dan sederhana.
Tidak bisa di pungkiri, perkembangan agama Islam di Kecamatan Nipah Panjang saat ini, tidak terlepas dari perjuangan beliau yang kurang lebih 50 tahun mengamalkan ilmu dan pengalaman yang dimiliki.

Bekal ilmu yang dibawa Almarhum dari Pondok Pesantren, senantiasa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari dan didalam masyarakat, sehingga tidak sedikit para anak didiknya dahulu hingga kini yang berasal dari berbagai kalangan.

Salah satunya H. Hasan Basri Ketua Baznas Provinsi Jambi. Sebelum Almarhum disholatkan, didepan para jamaah yang memadati Masjid Raya Al-Hidayah, H. Hasan Basri menyampaikan rasa duka cita yang sangat mendalam, dengan rasa haru sesekali mengusap air mata menceritakan secara singkat sejarah Almarhum.

“Tuan Guru Kyai Haji Darwin Lubis adalah ulama besar yang karismatik, Beliau (Almarhum) dikenal bukan hanya di Nipah Panjang saja, akan tetapi di seluruh Kabupaten Tanjab Timur.
Pernah suatu waktu dizaman Bupati terdahulu yaitu Bapak Abdullah Hick, Kabupaten Tanjab Timur dilanda musim kemarau panjang, lantas Almarhum diminta untuk menjadi imam sholat Istisqa’ (Sholat minta hujan) oleh Bupati saat itu. Itu artinya, beliau (Almarhum) adalah ulama yang diakui keilmuannya dari dulu hingga kini, “cerita H. Hasan Basri didepan para jamaah yang ingin ikut mensholatkan Almarhum.

Tidak hanya H. Hasan Basri, rasa haru juga dirasakan Wakil Bupati Tanjab Timur H. Robby Nahliansyah ketika memberikan sambutan, Robby mengatakan, beliau adalah orang baik. Ini terbukti dengan penuhnya jamaah didalam Masjid Raya Al-Hidayah yang ingin ikut mensholatkan dan mendoakan Almarhum.
“Kami dari Pemerintah Kabupaten Tanjab Timur turut berduka cita yang mendalam. saya juga berpesan kepada keluarga Almarhum jangan segan dan sungkan apabila ada sesuatu yang dibutuhkan keluarga. “kata Robby.

Dengan berpulangnya Ulama KH. Darwin Lubis, tidak sedikit jamaah yang meneteskan air mata sambil mengantar kepergian Almarhum ke tempat peristirahatannya yang terakhir.

Selamat jalan guru, Selamat jalan orang tua kami, surga Allah SWT menanti. Ilmu dan suri tauladan yang engkau berikan, tidak akan lekang dimakan waktu… Aamiin

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *