Dukungan Fantastis, Peluang Dilla Hich di Pilbup Tanjab Timur

Tanjung Jabung Timur (Jambi), nusantaranews86.id – Terbitnya dua rekomendasi Partai Amanat Nasional (PAN) sebagai Bakal Calon Bupati atas nama Dilla Hikma Sari dan Zumi Laza pada kontestasi politik Pilkada Kabupaten Tanjung Jabung Timur 2024, eskalasi poltik di daerah itu kian tajam. Baik Dilla Hich maupun Zumi Laza berharap diusung PAN sebagai partai yang menguasai 50 persen kursi legislatif di Kabupaten yang dijuluki Bumi Sepucuk Nipah Serumpun Nibung tersebut.

Akan tetapi, jika melihat kecenderungan trend dukungan, sepertinya peluang Dilla Hich lebih potensial menarik dukungan Parpol pengusung.

Berdasarkan informasi yang diterima, Agung Hidayat, Direktur Operasional Sigma Idea Indonesia menyebutkan, elektabilitas Dilla Hich sulit untuk dikejar dalam waktu yang semakin singkat. “Posisi elektabilitas Dilla Hich yang saat ini mendekati 50 persen sulit untuk dikejar dalam waktu yang hanya tinggal kurang 200 hari, ”jelas Agung (26 Mei 2024).

Dijelaskannya, gap antara elektabilitas Dilla dengan kandidat lain sangat jauh. “Tiga nama lain masih di bawah 12 persen, ”kata Agung. Bahkan yang lebih mengejutkan, popularitas Bu Dilla ini sangat tinggi, sudah di atas 90 persen, ini sudah sekelas incumbent, ”imbuhnya.

Dari temuan itu, Agung menyimpulkan bahwa dukungan terhadap Dilla Hich di suksesi 2024 sangat fantastis. Hampir di semua segment suara Dilla mendominasi. Agung bahkan mengaku cukup surprise dengan capaian mantan rival Romi Hariyanto – Robby Nahliyansyah pada Pilkada 2015 itu. “Dukungannya merata. Mendominasi seluruh parameter. Semua Kecamatan elektabilitasnya tinggi, begitu pula segmen etnis dan kelompok umur, “kata Agung.

Agung meyakini, jika mesin politik Dilla bergerak konsisten, maka Bupati Tanjab Timur 2024 – 2029 sudah bisa diketahui.

Seperti diketahui bersama, Dilla Hich adalah putri Abdullah Hich mantan Bupati Tanjab Timur dua periode 2001-2011. Selain pernah maju pada 2015 sebagai Calon Bupati berhadapan dengan Romi Hariyanto yang saat ini Bupati Tanjab Timur, Dilla Hich tercatat sebagai Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi PAN periode 2009-2014. Saat pencalegan 2009 Dilla berhasil meraup suara terbanyak se – Indonesia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *