Cikarang, Nusantaranews86.id, Pandemi COVID-19 yang melanda tanah air sejak tiga tahun silam menyadarkan para pegiat UMKM bahwa transformasi digital perlu digulirkan. Berbagai upaya dilakukan oleh para pemangku kepentingan guna mendongkrak perekonomian masyarakat.
Melihat urgensi tersebut, JNE sebagai mitra UMKM Cikarang mengadakan
webinar JNE Ngajak Online, Goll..Aborasi Bisnis Online 2022 Kota Cikarang.
Talkshow seputar bisnis online ini dihadiri lebih dari 150 UMKM setempat secara virtual.
Lutfi Pahlevy selaku Branch Manager JNE Cikarang menyatakan, “Selama pandemi, JNE tetap berjalan secara normal mengingat kebutuhan masyarakat lebih banyak dipenuhi melalui belanja online, ucapnya pada Kamis,18/08/2022.
“JNE akan tetap solid agar bisa mewadahi kebutuhan masyarakat dan kebutuhan pengiriman UMKM.”
Lutfi menyampaikan, pada Kamis, 18 Agustus 2022,ini digelarnya webinar ini menjadi langkah serta komitmen JNE untuk mendukung keberlangsungan UMKM agar naik kelas. Tak ayal, upaya ini disambut baik oleh narasumber yang hadir dalam acara tersebut.
Utari Ambarwaty selaku Owner MOMITASTAR dan Bintang Achmad Surury selaku Brand Owner Heelsaddict, membuka diskusi acara tersebut,
Utari menyatakan, saya mengucapkan rasa syukur, atas layanan JNE yang mampu menghantarkan paket ke penjuru negeri dengan cepat dan aman, sejalan dengan tagline JNE “Connecting Happiness”,ujarnya.
“Kami telah menjalin kerja sama dan mempercayakan pengiriman kepada JNE sejak tahun 2023, banyak juga reward atau penghargaan yang rutin kami terima setiap bulannya.”, jelas Utari.
Utari menekankan pentingnya menggali ilmu bisnis online di tengah masa krisis. Hal ini berkaca pada pengalamannya saat pandemi lalu, “Harus pantang menyerah,” tegasnya.
Lanjut Utari, “UMKM perlu terus menggali ilmu bisnis online untuk segera dapat hal ini diimplementasikan bagi yang baru memulai berbisnis online, bisa bergabung dengan menjadi reseller dan belajar berkomunikasi.
Kemudian improvisasi ilmu yang didapatkan”, tukasnya.
Di sisi lain, Ira Wahyuni Assari selaku Founder Koaki.id, mengatakan, “menghadapi pandemi, kami rutin melakukan endorsement dan mulai fokus berjualan di e-Commerce. Hal ini
dikarenakan target pasar kami adalah kawula muda yang keinginan belanjanya melalui e-Commerce pasti tinggi.”, imbuh Ira.”
Sementara itu, Bintang Achmad Surury selaku Brand Owner Heelsaddict mengungkapkan, pentingnya menggunakan jasa KOL atau Key Opinion Leader, “Kita gunakan juga Key Opinion Leader (KOL). Sebelum menggunakan KOL, kita survei terlebih dahulu siapa target marketnya”,
kata Bintang.
Selain itu, kedua narasumber ini sepakat pentingnya memproduksi konten yang menarik di media sosial. “Untuk penjualan online penting sekali meyakinkan pembeli bahwa produk
memiliki rasa yang enak, jadi perlu dijelaskan secara detail dari konten media sosial yang akan disebarkan”, terang Utari.
Lutfi Pahlevy selaku Branch Manager JNE Cikarang menutup pemaparan tersebut dengan menyampaikan dan menyatakan “JNE kerap memberikan potongan harga, juga menghadirkan layanan Cash on Delivery (COD), ekonomi, kargo, dan gerai JNE telah hadir di seluruh wilayah Cikarang
tambahnya.
Sebagai informasi, Cikarang merupakan kota ke-36 dari gelaran webinar JNE Ngajak Online 2022-Gool …Aborasi, Bisnis Online yang pada tahun 2021 telah dilakukan di 60 kota di seluruh Indonesia. Setelah Kota Cikarang, gelaran roadshow ini akan kembali hadir di Kota Jayapura pada 26 Agustus 2022. (Suryo S)