Dualisme Rekemondasi DPP, Kader PAN Tanjab Timur Solid Dukung Dilla Hich

Tanjung Jabung Timur (Jambi), nusantaranews86.id – Sikap Partai Amanah Nasional (PAN) pada kontestasi politik Pilkada Kabupaten Tanjung Jabung Timur masih belum jelas, walau tenggang waktu pencalonan Kepala Daerah tinggal kurang lebih dua bulan lagi. Alih-alih memperkuat soliditas dengan konsolidasi, DPP PAN justru memunculkan dualisme dengan mengeluarkan dua rekomendasi atas nama kandidat berbeda.

Dua surat rekomendasi yang diterbitkan tersebut atas nama Dilla Hikmah Sari atau Dilla Hich dan Zumi Laza. Tentu saja hal itu menimbulkan polemik tersendiri dalam tubuh PAN dan memunculkan kegelisahan para kader.

Ditengah polemik dualisme yang terjadi, muncul sikap lebih tegas justru datang dari para Pengurus PAN Kabupaten Tanjab Timur. Sebanyak delapan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) dan 83 Dewan Pimpinan Ranting (DPRt) Partai Amanat Nasional ( PAN ) solid mendukung Hj. Dilla Hikmah Sari, ST sebagai Calon Bupati Tanjung Jabung Timur 2024 – 2029.

Tak main – main, dukungan garda depan PAN Tanjab Timur itu berbentuk tertulis, berlogo dan bermaterai yang ditandatangani para Ketua dan Sekretaris DPC serta DPRt.

Pernyataan dukungan itu disampaikan langsung kepada Dilla Hich pada Sabtu (15/6/2024) pagi di Pondok Kito, Kelurahan Parit Culum I Kecamatan Muara Sabak Barat.

Pertemuan tampak santai dan akrab. Dilla Hich berbaur di tengah para pengurus PAN. Suasana tempat pertemuan yang asri dengan nuansa alam natural menambah keakraban mereka.

Setelah Dilla Hich menyampaikan sambutan, sejumlah pengurus PAN itu saling berebutan untuk menyampaikan aspirasi dan sikap tegas.

Muhammad Aman, Ketua DPC PAN Muara Sabak Timur menyebut, meski PAN secara organisasi belum final menentukan sikap namun seluruh para kader PAN siap berjuang allout memenangkan Dilla Hich.

Hal senada juga disampaikan Muslimin, Ketua DPC PAN Kecamatan Berbak tersebut juga dengan lantang menegaskan bahwa warga PAN Berbak sudah 100 persen siap memenangkan Dilla Hich. Begitu pula dengan Iskandar, Ketua DPC PAN Geragai itu menyebutkan, bukan hanya keluarga PAN Geragai saja, akan tetapi hampir setiap kelompok warga yang ia temui menyatakan siap mendukung dan memenangkan Dilla Hich pada Pilbup 2024.

Tentu saja dukungan para pengurus inti struktur PAN Tanjab Timur itu disambut gembira Dilla Hich, dirinya menyebut bahwa dukungan yang diberikan menjadi suplement tambahan yang kian membuatnya yakin memenangkan Pilkada dengan legitimasi yang kuat.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya saya ucapkan kepada saudaraku semuanya. Dukungan saudaraku ini tambahan energi buat saya. Saya berjanji kita akan selalu bersama baik dalam perjuangan Pilkada ini maupun dalam perjuangan membangun daerah yang sama – sama kita cintai ini, “kata Dilla.

“Apa yang kami lakukan hari ini adalah ikhtiar murni, aspirasi ikhlas para kader tingkat Kecamatan, Desa maupun Kelurahan , ”kata Agus Ketua DPC Kecamatan Muara Sabak Barat.

Selain para pengurus DPC dan DPRt PAN, terlihat pula hadir para pengurus BM PAN Kabupaten Tanjab Timur.

Dilla Hich diketahui merupakan Wakil Ketua DPD PAN Tanjab Timur. dirinya menjadi Wakil Romi Hariyanto Ketua DPD PAN yang saat ini menjabat Bupati Kabupaten Tanjab Timur. Eskalasi peta dukungan PAN memang sangat penting karena partai berlambang matahari terbit itu mendominasi kursi legislatif di Kabupaten yang dijuluki Bumi Sepucuk Nipah Serumpun Nibung tersebut. PAN berhasil memperoleh 15 kursi pada Pemilihan Legislatif lalu dan menguasai 50 persen kursi Legislatif untuk 2024 – 2029.

Namun kebesaran PAN di Tanjab Timur tidaklah bisa terlepas dari perjuangan dan peran Romi Hariyanto selaku Ketua DPD dan Bupati. Romi diketahui sangat berperan membesarkan PAN selama ini. Karena itu pula ada pemahaman bahwa suksesnya PAN atau kandidat calon Kepala Daerah yang diusung PAN akan sangat dipengaruhi arah dukungan Romi. “PAN memang besar di Tanjab Timur, tapi mesinnya ada di tangan Romi Hariyanto, jadi siapapun yang diusung PAN tanpa dukungan Romi sama saja dapat perahu bodong tanpa mesin.

Petanya hari ini begitu, jadi kalau dilihat ruhnya dukungan kader memang ke Dilla Hich karena beliau yang didukung Romi, “kata salah seorang pengurus inti DPD PAN yang juga anggota DPRD Tanjab Timur tanpa mau namanya ditulis.

Akankah PAN kembali berjaya di Pilkada Tanjab Timur kali ini? Sepertinya partai besutan Amin Rais itu gamang dan galau. Kebesaran PAN yang terus bersinar sejak pemilu 2004 sepertinya sedang dipertaruhkan. Para kader memahami situasi tersebut. Mereka merasa perlu bersikap demi menyelamatkan PAN dari kehancuran.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *