Diduga Kelebihan Muatan, Kapal Cantika 77 Rute Kupang – Alor Terbakar Di Tengah Laut

Kupang, nusantaranews86.id – Kapal Motor (KM) Cantika 77 mengalami kebakaran saat berlayar dari Kupang menuju Alor, Provinsi NTT pada Senin (24/10/2022) siang.

KM Cantika merupakan salah satu kapal cepat yang menjadi moda transportasi laut bagi warga di NTT. Kapal tersebut berangkat dari Pelabuhan Tenau Kupang pada pukul 13.30 WITA.

Dalam perjalanan di sekitar perairan Kupang di antara Pulau Kera dan pulau Timor kapal tersebut dilaporkan terbakar.

Menurut data manifest yang tercatat jumlah penumpang yang berada di dalam kapal berjumlah 177 orang, terdiri dari 167 penumpang dan 10 orang ABK.

Namun fakta di lapangan tim gabungan yang melakukan pencarian dan evakuasi menemukan ada 240 orang yang dievakuasi, 14 diantaranya meninggal dunia.

“Iya benar, diduga kelebihan penumpang,Kelebihannya sekitar 63 orang,” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang, I Putu Sudayana kepada awak media.

Dalam proses pencarian dan penyelamatan, tim SAR gabungan berkoordinasi dengan kru kapal memprioritaskan operasi penyelamatan bagi penumpang anak-anak, perempuan, dan lansia.

Saat ini, penumpang yang berhasil dievakuasi menuju daratan sedang dalam penanganan dan pengawasan aparat kepolisian Polsek Naikliu serta tim medis setempat.

Sampai saat ini tim SAR gabungan masih terus melakukan proses evakuasi dan pencarian para korban.

Sementara itu Polres Alor juga membuka posko pengaduan masyarakat bagi keluarga korban. Melalui posko tersebut, masyarakat Kabupaten Alor yang merasa keluarganya menjadi penumpang kapal bisa mendatangi posko untuk keperluan pendataan kondisi terkini korban. ( Red )

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *