Desa Wisata Cempedak Jaya Kendawangan Raih Penghargaan Kalbar Award 2023 

Pontianak, Nusantaranews86.id – Puncak event Anugerah Desa Wisata (Kalbar Award 2023) Tingkat Provinsi Kalimantan Barat, salah satu desa wisata dari Kabupaten Ketapang Desa Wisata Cempedak Jaya Kendawangan Kiri, Kecamatan Kendawangan mendapat penghargaan kategori Terbaik Digital dan Konten Kreatif Desa Wisata Maju, Pontianak Kamis 20 Juli 2023.

Penghargaan yang diterima Desa Wisata Cempedak Jaya itu bukanlah pertama kali, namun pada Novémber 2021 lalu Desa inipun juga pernah menerima penghargaan.

Bacaan Lainnya

Pokdarwis Cempedak Jaya pada event international Ocean Award 2021 yang diselenggarakan oleh BOAT International, diadakan dalam kemitraan dengan Blue Marine Foundation salah satu badan amal konservasi laut terkemuka Inggris dan mendapatkan penghargaan 1st Runner Up kategori Local Heroes.

Selanjutnya pada tahun 2022-2023, LANAL Ketapang sebagai pendorong pengembangan Desa Wisata Cempedak Jaya menjadi salah satu Kampung Bahari Nusantara, waktu itu Desa Wisata Cempedak Jaya berhasil mencatatkan dirinya dalam 300 besar Desa Wisata terbaik Indonesia dalam ajang ADWI 2023.

Dengan segala keterbatasannya, Desa Wisata Cempedak Jaya terus berkembang dan menorehkan prestasi di tingkat regional dan nasional serta telah mendapatkan pengakuan dunia internasional.

Desa Kendawangan Kiri dengan desa wisatanya itu saat ini terus berbenah dan mendapatkan dukungan pengembangan fasilitas yang lebih baik.

Desa ini kedepannya bertekad dapat menyusul prestasi sejumlah desa di Kalbar lainnya seperti, Desa Cipta Karya (Bengkayang) dan Desa Jeruju Besar (Kubu Raya) yang telah berhasil menempati posisi 75 besar desa wisata terbaik Indonesia.

Desa Wisata Cempedak Jaya saat ini pula dikabarkan telah mendapat dukungan pembinaan dari Disporapar Kalbar, DKP Kalbar, LANAL Ketapang, Disparbud Ketapang, MASATA Ketapang-Kayong Utara, Yayasan Webe Konservasi Ketapang dan YIARI dalam berbagai program pengembangan potensi desa.

Berkembangnya desa wisata tidak lepas dari peran aktif Pemerintah Desa Kendawangan Kiri dalam mendukung dari sisi kebijakan desa yang diperlukan.

Peran BUMDes bagian dalam pengembangan desa wisata sehingga hasil yang didapat dari berkembangnya sektor pariwisata dapat dirasakan lebih besar lagi bagi seluruh masyarakat desa Kendawangan Kiri dan kecamatan Kendawangan umumnya.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olah Raga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Kalbar, Windy Prihastari menjelaskan, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat telah melaksanakan sebanyak 15 event rangkaian acara Kalbar Award 2023.

Pemerintah Provinsi memprogramkan kegiatan dalam suatu rangkaian. Di pariwisata katanya ada Anugerah Desa Wisata Tingkat Provinsi,  kalau ekonomi ada Gebyar Ekonomi Kreatif, ada Putra-Putri Pariwisata, Pidato Bahasa Inggris dan di pemuda ada festival drum band.

“Kegiatan melibatkan mulai dari penggiat pariwisata, ekonomi kreatif, olahraga dan pemuda. Khusus Gerak Jalan Pemuda diikuti sebanyak 12 kelompok, sedangkan Drum Band sebanyak 21 grup,” kata Windy Prihastari pada acara Penganugerahan Kalbar Award yang diselenggarakan di Aula Garuda Kantor Gubernur Kalimantan Barat, Pontianak, Kamis (20/07/23).

Kalbar Award 2023 ini merupakan upaya Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat sebagai ruang kreasi masyarakat juga sebagai ajang promosi baik itu Ekonomi Kreatif dan Pariwisata untuk meningkatkan wisatawan di Kalbar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *