Danpasmar 1 Hadiri Pembukaan Tactical Combat Casualty Care

Jakarta Selatan, nusantaranews86.id – Komandan Pasmar 1 (Danpasmar 1) Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq, S.A.P., CHRMP., M.Tr.Opsla., M.Han., menghadiri kegiatan pembukaan Tactical Combat Casualty Care (TCCC) bertempat di ruang rekreasi Resimen Bantuan Tempur 1 Marinir (Menbanpur 1 Mar) Kesatrian Marinir Hartono, Cilandak, Jakarta Selatan, Senin (10/06/2024).

Kegiatan pembukaan TCCC ini dipimpin langsung oleh Kepala Pusat Kesehatan Tentara Nasional Indonesia (Kapuskes TNI) Mayjen TNI Dr. dr. Yenny Purnama, Sp.A(K)., M.Kes., M.A.R.S., M.H., dan diikuti oleh Satuan Kesehatan di jajaran TNI seperti Puskes TNI, Puskesad, Diskesau, Diskesal, Diskes Kormar, dan Yonkes 1 Marinir.

Tactical Combat Casuality Care merupakan bentuk pelatihan perawatan korban tempur taktis, yaitu standar perawatan dalam pengobatan pra rumah sakit di medan tempur. Pelatihan TCCC ini meliputi kesiapan medis, penerapan standar perawatan korban tempur yang berfokus pada keterampilan menyelamatkan nyawa mulai dari kemampuan pengendalian perdarahan, penanganan cedera traumatis berat, penyumbatan saluran nafas, perawatan pra rumah sakit baik di lokasi korban dan atau selama proses evakuasi korban.

Dalam amanatnya, Kapuskes TNI mengatakan, “Pelatihan TCCC ini merupakan pelatihan yang sifatnya integratif TNI, dengan harapan saat penggunaan kekuatan maka sudah terjalin kesamaan pemahaman, kesamaan skill, dan kesamaan teknis medis sehingga akan terbentuk suatu sinergitas yang kuat, tangguh dan kondusif sebagai kekuatan insan kesehatan TNI yang potensial dalam mendukung pelaksanaan tugas pokok TNI, “ujarnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *