Danlanal Ketapang bersama Stakeholder Lepas Anak Penyu

Ketapang, Nusantaranews86.id – Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Ketapang, Letkol Laut (P) Bambang Nugroho, M.Tr. Opsla bersama Stakeholder melaksanakan pelepasan anak Penyu atau Tukik ke habitat asalnya di Pulau Cempedak Desa Kendawangan Kiri Kecamatan Kendawangan Kabupaten Ketapang-Kalbar, hari Sabtu 10 Juni 2023.

Stekeholder yang turut hadir yaitu, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Barat, BPSPL Pontianak, PSDKP Kabupaten Kayong Utara, PSDKP Kabupaten Ketapang, YIARI, Yayasan WeBe Konservasi Ketapang, Mapala SMKN 1 Kendawangan dan Pokdarwis Dusun Pulau Cempedak.

Bacaan Lainnya

Penyu merupakan salah satu biota laut yang dilindungi karena populasinya sudah terancam punah. Kegiatan konservasi merupakan salah satu cara untuk menjaga kelestarian habitat penyu di Indonesia dan kesadaran masyarakat mempunyai peran penting untuk menjaga kelestariannya.

Danlanal mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan bersama Stakeholder Kemaritiman lainnya dalam upaya pelestarian dan kepedulian semua dalam menjaga biota laut yang dilindungi untuk mencegahnya dari kepunahan.

“Pelepasan Tukik yang kita lakukan di Pantai Pulau Cempedak sebagai bentuk kepedulian TNI AL menjaga semua satwa atau biota yang ada di laut, salah satunya penyu yang dilindungi,” ungkapnya, Minggu (11/06/23).

Lebih lanjut Danlanal Ketapang mengatakan bahwa pihaknya berharap dan mengajak masyarakat serta Stakeholder lainnya agar bersama-sama menjaga dan melestarikan penyu.

“Hanya dengan membiarkan penyu hidup di laut dan tidak merusak habitatnya adalah merupakan salah satu upaya untuk pelestarian,” tutup dia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *