Dankolatmar Pimpin Upacara HUT Ke-78 TNI Tahun 2023

Pasuruan, nusantaranews86.id – Komandan Komando Latih Korps Marinir (Dankolatmar) Kolonel Marinir I Made Sukada pimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 78 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Batalyon Kavaleri 8 Divisi 2 Kostrad, Beji, Pasuruan, Kamis (05/10/2023).

Peringatan HUT ke 78 TNI tahun 2023 ini mengusung tema “TNI PATRIOT NKRI, PENGAWAL DEMOKRASI UNTUK INDONESIA MAJU”, mengandung makna bahwa kekuatan TNI sebagai komponen utama pertahanan negara berkomitmen untuk bersinergi dengan seluruh komponen bangsa lainnya dalam mengawal demokrasi untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri, maju, dan sejahtera.

Pada acara peringatan kali ini, personel yang terlibat dalam rangkaian HUT TNI sebanyak 1000 personel dan 10 Alutsista TNI termasuk Prajurit Kolatmar. Kegiatan diawali dengan Upacara Parade, Pengucapan Sapta Marga, pemberian penghargaan bintang nalaria, dan pembacaan amanat Panglima TNI.

Dalam amanat Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono yang dibacakan oleh Dankolatmar selaku Inspektur Upacara (Irup) menyampaikan, bahwa selama 78 tahun TNI hadir dan menjalankan amanah sebagai garda terdepan sekaligus benteng terakhir NKRI. Berbagai ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan terhadap kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan segenap bangsa dan tumpah darah telah berhasil diatasi dengan baik.

Negara akan hadir untuk terus meningkatkan kapabilitas pertahanan yang relevan dengan perkembangan teknologi militer terkini, sehingga TNI dapat menjadi kekuatan pertahanan negara yang modern dan mampu berperan aktif serta
memiliki daya getar tinggi di lingkungan strategis, regional maupun global.

Di akhir amanatnya, Panglima TNI mengucapkan terima kasih kepada seluruh prajurit TNI atas dedikasi, loyalitas dan profesionalisme yang telah ditunjukkan selama ini. Sehingga TNI mendapat tingkat kepercayaan masyarakat yang tinggi baik di dalam maupun luar negeri. Jadikan momentum ulang tahun ke-78 TNI sebagai bahan introspeksi untuk berbenah demi mewujudkan TNI yang profesional, modern, dan tangguh.

Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia. “TNI Patriot NKRI, Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju”.

Sumber : TNI-AL, Dispen Kormar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *