Berlangsung di Canberra, Autralia, KPK Mulai Pertemuan G20 Anti Corruption Working Group (ACWG) Putaran 3.

Australia, nusantaranews86.id,- KPK memulai pertemuan G20 Anti Corruption Working Group (ACWG) putaran 3 yang berlangsung di Canberra, Australia. 26 s/d 29 September 2022.

Pertemuan ini sebagai rangkaian dari Presidensi Indonesia pada G20 tahun 2022 yang mengusung tema “Recover Together Recover Stronger”.

KPK sebagai Chair dan Australia sebagai Co-Chair ACWG sebelumnya telah menggelar 2 kali pertemuan untuk membahas isu terkait antikorupsi ini. ACWG pertemuan 1 digelar secara hybrid pada 28 – 31 Maret 2022 di Jakarta. Pertemuan 2 dilaksanakan secara ofline 5 – 8 Juli 2022 di Bali.

Pertemuan 3 ini merupakan pertemuan terakhir sebelum dilaksanakannya KTT G20 yang akan digelar pada 15-16 November 2022 di Bali. Dalam 2 pertemuan tersebut para delegasi dari negara anggota G20 telah memberikan dukungannya terhadap Indonesia sebagai Presidensi yang mengusung 4 isu utama antikorupsi.

Pertemuan 3 kali ini, membahas: peningkatan Peran Audit dalam Pemberantsaan Korupsi, Partisipasi Publik & Pendidikan Antikorupsi, Kerangka Pengawasan Regulasi & Supervisi Pengaturan Profesi Hukum pada Pencucian Uang Hasil Korupsi, Pencegahan Korupsi pada Sektor Energi Terbarukan.

Atas pertemuan ACWG putaran 3 ini, diharapkan para delegasi mencapai kesepakatan dalam pembahasan poin-poin pada 4 isu utama tersebut sehingga kesepakatan ini nantinya dapat memberikan dampak perbaikan bagi upaya-upaya pemberantasan korupsi, tidak hanya bagi negara anggota G20, namun juga dunia Internasional. ( Red )

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *