Antisipasi Dan Minimalisir Musibah Kebakaran, Pemdes Mendteng Adakan Pelatihan Dan Bentuk Tim Relawan

Tanjung Jabung Timur, nusantaranews86.id – Kebakaran adalah musibah yang kerap melanda pemukiman warga, berbagai penyebab terkadang kebakaran bisa terjadi sehingga masyarakat harus kehilangan tempat tinggal maupun harta bendanya.

Untuk mengantisipasi dan meminimalisir terjadinya kebakaran, Pemerintah Desa Mendahara Tengah ( Mendteng ) Kecamatan Mendahara Kabupaten Tanjung Jabung Timur – Jambi, membentuk tim relawan pemadam kebakaran dengan melibatkan warga dalam masing-masing dusun.

Perlu diketahui, Desa Mendahara Tengah adalah salah satu Desa yang sudah beberapa kali terjadi musibah kebakaran dan pernah dilanda musibah kebakaran besar di kabupaten Tanjab Timur beberapa tahun lalu yang menghanguskan hingga ratusan rumah.

Melihat dari kejadian tersebut, di tahun 2023 ini, Pemerintah Desa Mendahara Tengah membentuk relawan sebanyak 35 orang yang di ambil dari masing-masing Dusun sebanyak 5 orang.

Tidak hanya sekedar membentuk tim relawan, Pemerintah Desa Mendteng juga menggandeng Dinas Pol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Tanjab Timur untuk mengadakan pelatihan khusus kepada tim relawan yang bertujuan agar dapat meningkatkan SDM dan agar lebih sigap apabila terjadi musibah yang sama, serta tata cara penggunaan alat pemadam yang benar.

Pelatihan yang digelar di lapangan sepak bola Desa Mendteng, tepatnya di depan kantor Desa Mendteng (31/5) tersebut, menghadirkan Zulfaisal, S.AP selaku Kasat Dinas Pol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Tanjung Jabung Timur dengan didampingi Kabid Damkar beserta armada pemadam kebakaran sebagai pelatih para relawan yang dibentuk.

Dalam kegiatan tersebut, Kepala Desa Mendahara Tengah Nurhidayah Mazduki, S.Pd turut aktif menyaksikan dan mendampingi para relawan hingga acara pelatihan selesai dilaksanakan.

Kades Mendahara Tengah Nurhidayah Mazduki, S.Pd sangat berharap, dengan melihat kejadian yang lalu dan beberapa kali terjadinya musibah kebakaran, seusai dilaksanakan pelatihan ini, Desa Mendteng memiliki relawan Damkar yang sigap dan siap kapanpun diperlukan.

“Harapan kami selaku pemerintah Desa Mendteng, kami memiliki relawan Damkar yang handal, siap secara mental dan fisik, serta siaga sewaktu – waktu dibutuhkan, “harap Kades.

“Relawan Damkar Desa Mendteng yang baru dibentuk di tahun 2023 ini mendapat pelatihan tata cara memadamkan api jika terjadi kebocoran pada tabung gas, selain itu tata cara memadamkan api dengan alat. InsyaAllah akan segera kita SK kan, ujar Kades.

Bicara terkait anggaran, digunakan melalui APBDes Mendteng tahun 2023 dimana pos nya diambil dari Dana Desa dalam kategori pembinaan.
“Didalam APBDes Dana Desa ada beberapa item kategori, salah satunya adalah pembinaan SDM masyarakat, hal itu tertuang dalam juknis nya yang InsyaAllah tidak terbentur dengan dalam aturan yang ada, “papar Kades Nurhidayah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *