Kapolsek Mempawah Hilir Himbau Agar Waspada DBD di Musim Hujan

Mempawah, Nusantaranews86.id – Saat ini musim hujan tengah berlangsung, masyarakat dihimbau harus lebih waspada terhadap kesehatan, terlebih masyarakat Kecamatan  Mempawah Hilir, khususnya Masyarakat Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat.

Dihimbau untuk waspada terhadap penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes abalbictus dengan cara menjaga kebersihan lingkungan sekitar tempat tinggal.

Hal ini diungkapkan Kepala Kepolisian Sektor/Kapolsek Mempawah Hilir Polres Mempawah, IPDA Lodrick Taliak Hungan, S.H kepada awak media, dalam menyikapi musim hujan saat ini.

Bacaan Lainnya

“Dimusim penghujan ini, yang patut diwaspadai masyarakat sekarang adalah DBD, merupakan  penyakit yang mudah menular  virus yang masuk kedalam tubuh dari gigitan nyamuk Aedes aegypti,” kata Kapolsek Mempawah Hilir.

Menurut Kapolsek Mempawah Hilir ini, pada musim hujan populasi nyamuk demam berdarah meningkat karena banyaknya tempat berinduk Nyamuk Aedes Aegypti.

Sehingga nyamuk Aedes Aegypti mudah berkembang, dan semakin potensial menggigit anak dan remaja yang akhirnya dapat mengakibatkan terjangkit demam berdarah.

“Meski demikian, ia berpesan kepada masyarakat Kecamatan Mempawah Hilir, khususnya masyarakat Kabupaten Mempawah. Untuk tetap waspada. Menurut dia, kewaspadaan terhadap ancaman penyakit DBD bisa dilakukan dengan terus menjalankan program hidup bersih.

“Makanya kondisi harus dapat kita cegah jika kita bisa menutup sumber-sumber genangan air pada lingkungan rumah. Selain itu, kita juga harus menguras dan menyikat bak mandi dan menaburkan bubuk abate tempat yang ada genangan air,” paparnya.

“Jika faktor lingkungan sudah bersih, kita juga harus mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi dan vitamin yang mampu membantu meningkatkan daya tahan tubuh bagi anak-anak dan remaja,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *