Kapolsek Hadiri Undangan Rapat Koordinasi Program Serta Kegiatan Bidang Kesehatan di Wilayah Kecamatan Sintang tahun 2022

Sintang-Kalbar, Nusantaranews86.id- Pada hari Rabu tanggal 20 Juli 2022 pukul 13.00 WIB bertempat di Aula Abdi Praja Kantor Kecamatan Sintang Jl. dr. Wahidin Sudirohusodo Desa Baning Kota Kecamatan Sintang telah dilaksanakan rapat koordinasi program serta kegiatan bidang kesehatan di wilayah Kecamatan Sintang serta dalam upaya percepatan open defecation fee (ODF) atau stop buang air besar sembarangan.

Hadir dalam kegiatan sebagai berikut :
Camat Sintang, Tatang Supriyatna, S.STP., M.Si. Kapolsek Sintang Kota, IPTU Sutikno, S.Sos., M.A.P. Danramil 1205-07 Sintang, Lettu Inf. P. Rajagukguk, S.Sos./ diwakili Serma Sajidin Agus. Kepala Puskesmas Dara Juanti, dr.Edi. PLT Kepala Puskesmas Sui Durian, dr Hariyono Linuh. Kepala Puskesmas Tanjung Puri, dr Andar . Kades dan Lurah se-Kecamatan Sintang. Para Kades dan Lurah se-Kecamatan Sintang,
tamu undangan lainnya.

Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan, pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan.

Adapun hasil Pertemuan Sbb :
Masyarakat desa atau desa / kelurahan dikatakan telah ODF jika :
Semua masyarakat telah BAB hanya di jamban dan membuang tinja/kotoran bayi hanya ke jamban. Tidak terlihat tinja manusia di lingkungan sekitar khususnya di desa yang berada di perairan Sungai Kapuas dan Sungai Melawi . Tidak ada bau tidak sedap akibat pembuangan tinja/kotoran manusia. Ada peningkatan kualitas jamban yang ada supaya semua menuju jamban sehat. Ada mekanisme monitoring peningkatan kualitas jamban dari dinas kesehatan Kabupaten Sintang. Ada penerapan sanksi, peraturan atau upaya lain oleh masyarakat untuk mencegah kejadian BAB di sembarang tempat . Ada mekanisme monitoring umum yang dibuat masyarakat untuk mencapai 100% KK mempunyai jamban sehat. Di sekolah yang terdapat di komunitas tersebut, telah tersedia sarana jamban dan tempat cuci tangan (dengan sabun) yang dapat digunakan murid-murid pada jam sekolah.
Analisa kekuatan kelembagaan di Kabupaten menjadi sangat penting untuk menciptakan kelembagaan dan mekanisme pelaksanaan kegiatan yang efektif dan efisien sehingga tujuan masyarakat ODF dapat tercapai.

Kegiatan selesai pukul 15.00 WIB. Selama kegiatan berlangsung situasi aman dan kondusif serta mematuhi protokol kesehatan.

(HADYSA PRANA)

Sumber :
Humas Polsek Sintang Kota Jajaran Polres Sintang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *